PENDIDIKAN

Marawis MAN 2 Juara Nasional, Lima Kali Berturut-turut Arab Fest

PENDIDIKAN SUKABUMI – Tim Marawis Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Sukabumi kembali menjuarai lomba marawis dalam Arab Fest 2019 se-Indonesia. Perlombaan yang diselenggarakan mahasiswa Program Studi (Prodi) Sastra Arab Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung, pada 29 September-5 Oktober 2019.

Diajang tersebut pelajar MAN 2 dari tim Elhaidar meraih juara 1 lomba marawis tingkat nasional, dengan diraihnya prestasi tersebut tim Marawis MAN 2 Kota Sukabumi menjadi juara bertahan selama lima kali berturut-turut.

“Arab Fest Unpad diadakan setiap dua tahun sekali, dan selama 2011 MAN 2 Kota Sukabumi aktif menjadi peserta dan dari tahun itu juga Marawis MAN 2 Kota Sukabumi selalu meraih juara 1 sampai dengan tahun sekarang,” ucap bangga Kepala MAN 2 Kota Sukabumi Isep kepada Radar Sukabumi, Senin (8/10).

Dikatakan Isep, prestasi ini menambah point MAN 2 Kota Sukabumi sebagai salah satu sekolah madrasah yang mulai diperhitungkan prestasinya. Arab Fest 2019 diikuti ribuan peserta dari tingkat pelajar, mahasiswa dan umum.

“Lombanya bermacam-macam, tetapi untuk MAN 2 kita ikut lomba marawis dengan mengirimkan dua tim yaitu tim Elhaidar dan tim Elhilya. Satu tim terdiri dari 13 siswa pesertanya merupakan siswa kelas XI dan XII,” tuturnya.

Sebagai kepala madrasah, ia mengaku sangat bangga punya tim marawis dan dapat juara 1 tingkat nasional di Unpad. Apalagi, tim marawis MAN 2 kota Sukabumi sering kali di panggil di setiap kegiatan baik acara dinas pemerintahan maupun masyarakat seperti acara hari besar islam di Kemenag, Pemda Kota Sukabumi, kepolisian dan acara masyarakat.

“Prestasi ini tetap akan dipertahankan sesuai dengan visi misi MAN 2 Kota Sukabumi, yaitu unggul dalam akademik dan non akademik berlandaskan iman dan takwa dengan moto Mandasi Bersina (bersih, indah dan pintar/ berprestasi ),” imbuhnya.

Sementara itu, Pembina Marawis MAN 2 Kota Sukabumi, Saprudin sangat bersyukur atas prestasi juara 1 tingkat nasional. Menurutnya tidak sia-sia melatih anak marawis. Ia berharap prestasi ini tetap dipertahankan dan disiapkan untuk generasi berikutnya.

“Terima kasih atas dukungan terutama kepala MAN 2 Kota Sukabumi, seluruh keluarga besar MAN 2 serta orang tua siswa atas dukungan yang diberikan,” ucapnya.

Untuk penyemangat dan memotivasi siswa yang telah berprestasi, sekolah pun memberikan reward kepada muridnya tersebut berupa bebas biaya SPP. (wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan