Bencana Alam KabSUKABUMI

Longsor Terjang Kampung Renged, Rumah Imas Amblas

KADUDAMPIT – Hujan deras yang terjadi di Sukabumi, menyebabkan rumah Imas Karinawati (45) di Kampung Renged, RT 8/3, Desa Cipetir, Kecamatan Kadudampit, ambles akibat bencana longsor, sekira pukul 09.00 WIB Rabu (9/10). Meski tidak ada korban jiwa, namun keluarga Imas mengalami kerugian materil hingga mencapai puluhan juta rupiah.

Kapolsek Kadudampit, Iptu Agus Suherman mengatakan, saat kejadian kondisi rumah tengah dalam keadaan kosong. Lantaran, mereka tengah bekerja di pabrik dan ladang. “Akibat longsor ini, dapur rumah Ibu Imas itu, mengalami rusak berat,” jelas Agus kepada Radar Sukabumi, Rabu (9/10).

Lebih lanjut ia menjelaskan, rumah yang berukuran sekitar 7 X 9 meter ini, ambles. Lantaran, kondisi tanah di wilayah itu labil. “Sehingga, saat diguyur hujan, tanah itu langsung longsor,” ujarnya.

Saat ini, seluruh keluarga korban sudah dievakuasi oleh Muspika Kecamatan Kadudampit ke rumah saudara terdekatnya. “Iya, kalau tidak segera dievakuasi, dikhawatirkan terjadi bencana susulan. Terlebih lagi, kondisi dinding rumahnya banyak yang retak,” imbuhnya.

Koordinator Pusdalops Badang Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, berdasarkan asesmen Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Kecamatan kadudampit, bencana longsor ini, diduga kuat akibat hujan deras. “Rumah Ibu Imas itu, berada di atas tebing. Saat diguyur hujan, tembok panahan tanah itu, ambruk sehingga dapur rumahnya mengalami rusak berat,” katanya.

Meski tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian materil sebesar Rp30 juta. “Pemerintah Kecamatan Kadudampit, sudah melayangkan surat ke BPBD untuk meminta bantuan. Seperti sembako, alat-alat dapur dan material bangunan,” pungkasnya. (Den)

Tags

Tinggalkan Balasan