Kabar Baik untuk R80, Pesawat Ciptaan BJ Habibie

Pesawat R80

RADARSUKABUMI.com – Pesawat R80 yang digagas oleh Presiden RI ke-3 almarhum BJ Habibie akan dikembangkan oleh pemerintah. Wacana ini dikemukakan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution yang mengatakan, pengembangan pesawat R80 masuk dalam tiga program industri pemerintah.

“Ada program pesawat terbang, ada yang akan dikembangkan oleh Kemenperin, ada yang dikembangkan oleh almarhum Pak Habibie,” ujar Darmin di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Bacaan Lainnya

Darmin mengungkapkan, dalam mengembangkan proyek tersebut pemerintah mengajak pihak swasta terlibat dalam mendanai proyek tersebut. Proyek tersebut direncanakan mulai digarap pada 2023.

Berdasarkan data dari Komite Percepatan Penyediaan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) pengembangan pesawat terbang R80 membutuhkan dana sebesar Rp 6,75 triliun. “Kita bangun infrastruktur, kita bisa kumpulkan dana, tapi kepemilkan tetap punya pemerintah sehingga kita bisa tambah pembangunan itu sendiri,” kata Darmin.

KPPIP sendiri mencatat saat ini pemerintah memiliki 223 Proyek Strategis Nasional (PSN) dan tiga program dengan nilai investasi mencapai Rp 4.180 triliun. Untuk mendanai proyek tersebut pemerintah akan menggandeng para investor.

Agar investor tertarik, pemerintah telah menyiapkan beberapa program, yakni Viability Gap Fund (VGF), availability payment dan insentif pajak. “Sebetulnya ada lagi yang kami kembagkan tapi perumusannya agak lambat. Namanya LCS (limited concession scheme),” ucap dia.

(kompas/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *