2019,Kecamatan Cikembar Fokus Penataan Kampung Sukabakti

Pembangunan drainase sepanjang 1.500 meter di Kampung Sukabakti.

RADARSUKABUMI.com – Bantuan P3K 2019 di Kecamatan Cikembar difokuskan untuk melakukan penataan terhadap permukiman kumuh di Kampung Sukabakti. Sejumlah kegiatan pembangunan, seperti membangun Sarana Air Bersih, TPSS, dan Taman Terbuka Hijau dilakukan untuk menata Kampung Sukabakti di Kampung Sukabakti Desa Sukamulya.

Laporan Didiet Rahma Aditya

Bacaan Lainnya

Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah, S.IP menerangkan bantuan P3K 2019 difokuskan untuk menata lingkungan perkumuhan. “Tahun ini kita fokus untuk menata Kampung Sukabakti,”katanya yang juga menyampaikan hal ini juga berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan pada 2018.

Menurutnya ada beberapa pengerjaan yang dilakukan kelompok masyarakat (pokmas) dalam menata Kampung Sukabakti melalui anggaran P3K 2019. Camat yang didampingi Kasubag Program Euis dan Kasi Sarpraswil, Andi Herdian menerangkan penataan wilayah Kampung Sukabakti ada tiga tahap.

Realisasi untuk penataan Kampung Sukabakti tahap pertama dengan membangun drainase kanan kiri sepanjang 1. 500 meter dan pengadaan gerobak sampah sebanyak enam unit. Menurut pihaknya ini sudah dilakukan.

“Untuk penataan Kampung Sukabakti tahap kedua, pembangunan Sarana Air Bersih (SAB) dengan mewujudkan sumur bor di tiga titik dan tiga TPSS,”kata Kasi Sarpraswil Cikembar, Andi Herdian yang mendampingi camat.

Berdasarkan informasi penataan tahap keduapun sudah terealisasi. Tinggal penataan untuk tahap ketiga yang diharapkan bisa dilakukan secepatnya kalau anggaran pencairan tahap ketiga sudah cair. Menurut kasi untuk pencairan tahap ketiga mendatang rencananya akan dibuat satu SAB sumur bor, satu TPSS, dua Taman Terbuka Hijau, dan pengadaan dua motor sampah.

Camat menjelaskan kalau penataan Kampung Sukabakti sudah selesai100 persen maka manfaatnya juga dapat dirasakan masyarakat di wilayah Manggis Kecamatan Cicantayan.

Ia pun optimis dengan tertatanya Kampung Sukabakti kelak, diharapkan dapat menjadi bagian dalam membantu mewujudkan Cikembar Jembar.

“Yakni, Jembar Pangarti (masyarakatnya punya ilmu pengetahuan), Jembar Pangabisa (masyarakatnya punya keterampilan), dan Jembar Hate (masyarakat yang baik hatinya),”kata camat optimis juga berharap kelak Kampung Sukabakti dapat menjadi kampung percontohan yang baik dari drainase, penampungan air, dan sampah. (*)

Daerah Berpotensi Industri, UMKM, dan Pertanian

Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah, S.IP

Camat Cikembar, Tamtam Alamsyah, S.IP menerangkan Kecamatan Cikembar membawahi 10 desa, antara lain, Cikembar, Bojong, Bojongkembar, Bojongraharja, Parakanlima, Kertaraharja, Cibatu, Sukamaju, Cimanggu dan Sukamulya.

Kecamatan Cikembar memiliki sejumlah potensi. Menurutnya, potensi wilayahnya adalah daerah berpotensi industri. Ragam industri besar dengan berbagai produk, seperti GSI, Kino, dan lainnya berdiri di wilayahnya.

Cikembar juga memiliki potensi UMKM, seperti adanya produk kicimpring/enye yang sudah tersohor. Selain itu wilayahnya juga memiliki potensi pertanian, seperti yang ada di Desa Cibatu dan Parakanlima. (dit)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *