Darah Warga Desa Jambenenggang Disedot

SUKABUMI AKSI KEMANUSIAN : Warga Desa Jambenenggang saat mendonorkan darahnya di aula Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes

KEBONPEDES – Puluhan warga Desa Jambenenggang, Kecamatan Kebonpedes, mendonorkan darahnya melalui PMI Kabupaten Sukabumi di aula Desa Jambenenggang, Rabu (25/9). Darah yang berhasil dikumpulkan ini diharapkan bisa membantu orang yang membutuhkan.

Kepala Desa Jambenenggang, Ojang Apandi mengatakan, aksi donor darah ini merupakan bagian dari program desa siaga yang dimaksudkan membantu masyarakat yang membutuhkan darah. “Program kemanusiaan ini bukti kepedulian warga kami terhadap warga yang membutuhkan darah.Terutama warga hendak melahirkan yang tentunya banyak membutukan transfusi darah,” jelas Ojang kepada Radar Sukabumi, Rabu (25/9).

Bacaan Lainnya

Sebelum melakukan donor darah, warga terlebih dahulu diperiksa tensi darahnya. Setelah itu, kesehatannya diperiksa dengan pengambilan sampel darah. “Alhamdulillah, warga sangat antusias mengikuti aksi donor darah ini. Kedepan, akan kami lakukan setiap satu bulan sekali,” imbuhnya.

Dokter Puskesmas Kecamatan Kebonpedes, Yopi Setia Pernama mengatakan, mendonorkan darah merupakan satu tindakan yang mulia, karena setetes darah yang diberikan sangat berarti bagi kelangsungan hidup seseorang yang membutuhkan.

“Melalui kegiatan donor darah ini, kami berhasil mengumpulkan 50 labu darah. Nanti akan kita serahkan kepada PMI Kabupaten Sukabumi agar didistribukan kembali ke setiap rumah sakit,” jelasnya.

Labu darah yang sudah terkumpul ini, sambung Yopi, sebelum didistribusikan ke setiap rumah sakit yang ada di Kabupaten Sukabumi terlebih dahulu akan dilakukan uji laboratorium di UTD PMI Kabupaten Sukabumi. Ini untuk memastikan darah tersebut baik dan sehat sehingga layak diberikan.

“Insya Allah ini bisa menambah stok darah yang ada di PMI Kabupaten Sukabumi, sehingga apabila ada masyarakat yang membutuhkan bisa segera terpenuhi,” bebernya.

Menurutnya, donor darah diyakininya dapat bermanfaat dan membantu sesama serta sangat baik dilakukan bagi kesehatan pendonor itu sendiri. “Karena dengan donor darah bisa meningkatkan produksi sel darah merah yang baik untuk kesehatan,” pungkasnya. (den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *