KOTA SUKABUMI

Ivan Bantu Tertibkan Administrasi Warga

CIKOLE – Anggota DPRD terpilih 2019-2024, Ivan Rusvansya Trisya mendorong masyarakat untuk tertib administrasi. Hal itu diaplikasikannya dengan menggelar pembuatan pelayanan administrasi kependudukan dengan menggandeng Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Sukabumi melalui program Sistem jemput bola atau Si Jempol, belum lama ini.

Dikatakan Ivan, saat ini masyarakat dinilai masih acuh dengan kebutuhan administrasi kependudukan. Padahal kelengkapan administrasi kependudukan itu sangat penting dan menunjang berbagai hal untuk memudahkan pelayanan pemerintah daerah. “Di kita ini kalau sudah mendesak baru aja sibuk bikin,” ujar Ivan disela-sela kegiatan.

Menurut Ivan, pihaknya juga tidak menapik jika ada sebagaian masyarakat yang males membuat administrasi kependudukan ini karena ribet. Padahal sambung dia, jika dilakukan sesuai persyaratan tidak serumit yang dibayangkan. “Mudah kok, asal syaratnya dipenuhi bisa cepat. Kalau pun harus menunggu itu teknis, bisa saja ketersedian bahan bakunya habis,” terangnya.

Ivan menambahkan, kegiatan yang dilkukannyan ini sebagai bentuk sinergitas Pemerintah Kota Sukabumi dengan warga masyarakat melalui DPRD Kota Sukabumi. Menurut dia, sudah seharusnya DPRD yang menjadi wakil rakyat melayani kebutuhan masyarakat. “Alhamdulillah kita bisa menjamah dua kelurahan sekaligus diantaranya, Kelurahan Subangjaya dan Cisarua,” akunya.

Ia menambahkan, selain program administrasi kependudukan, pihaknya juga mengadakan pelayanan kesehatan gratis, sembako murah, membaca buku melalui perpustakaan mobile dan pelayanan BPJS Kesehatan. “Terima kasih untuk semua yang sudah mendukung pelayanan ini. Kedepan program ini akan menjadi agenda rutinan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Disdukcapil Kota Sukabumi, Iskandar Ifham mengatakan program Si Jempol tersebut sudah menjadi agenda rutinan diluar jam dinas atau pada hari Sabtu dan Minggu. Pelayanan Si Jempol ini sebelumnya diminta oleh warga ciaul pasir teruatama dari dua kelurahan yakni Kelurahan subangjaya dan Cisarua Kecamatan Cikole melalui usulan anggota DPRD Kota Sukabumi, Ivan Rusvansyah.

“Kita ucapkan terima kasih juga kepada pak dewan yang sudah menyediakan lahannya untuk pelayanan,” ujar Iskandar.

Ia berharap program ini bisa diikuti anggora DPRD lainnya sebagai bentuk penyedaran tertib administrasi kependudukan. “Harus ada yang mengkomandoi, jadi warga pun antusias,” tambahnya.

Disamping itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi menyempatkan hadir dalam kegiatan tersebut. Fahmi mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas terselenggaranya program tersebut. “Terima kasih sudah memfasilitasi dan membantu mempermudah pelayanan warga,” singkatnya. (why)

Tags

Tinggalkan Balasan