Pemkab Sukabumi

Sukalarang Kembangkan Agrowisata, Danau Cidadap dan Pertanian Buah Jeruk Manis

SUKALARANG – Pemerintah Desa/Kecamatan Sukalarang saat ini sedang berupaya mengembangkan wilayahnya untuk lebih maju. Sektor yang saat ini tengah dikembangkan itu ialah sektor agrowisata.

Kepala Desa Sukalarang, Ece Suryadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah berupaya melakukan penataan di Kampung Cidadap, Desa/Kecamatan Sukalarang, untuk dikembangkan menjadi kawasan agrowisata. “Di wilayah ini, terdapat danau Cidadap dengan luas sekitar 10.000 meter persegi.

Dengan penataan ini, diharapkan ke depan bisa menambah pendapatan desa dan juga kesejahteraan masyarakat meningkat,” jelas Ece kepada Radar Sukabumi, Kamis (19/9).

Selain terdapat danau Cidadap, sambung Ece, di wilayah tersebut juga terdapat hektaran lahan pertanian buah jeruk dari berbagai jenis.

Seperti jeruk manis, lemon calipornia dan jeruk dekopon. “Jadi nantinya para wisatawan yang berkunjung ke sini, bukan hanya menikmati keindahan panorama alamnya saja, tetapi mereka juga dapat memetik buah jeruk secara langsung dari pohonnya,” ujarnya.

Kawasan yang akan dikembangkan menjadi agrowisata tersebut, berada di daerah ketinggian sekitar 800 Mdpl. Suasana alam yang asri dan pepohonan yang rindang dapat memanjakan para wisatawan yang hendak menikmati keindahan alam.

“Selain itu, lokasi kawasan agro wisata ini juga sangat mudah dilalui kendaraan, baik roda dua maupun roda empat dengan jarak sekitar 1,5 kilomter dari Jalan Raya Sukalarang – Cianjur,” imbuhnya.

Untuk mengembangkan kawasan agrowisata, saat ini pemerintah desa tengah menunggu bantuan dari pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi melalui Program Pembangunan Partisipasi Kecamatan (P3K) Sukalarang.

“Insya Allah pada November 2019 nanti, anggarannya cair sekitar Rp400 juta untuk pentaan dan pembangunan kawasan agorowisata Desa Sukalarang,” paparnya.

Miftahudin (38), warga Kampung Cidadap, RT 5/1, Desa/Kecamatan Sukalarang mengatakan, panorama alam yang dimiliki Kampung Cidadap ini diyakini nantinya para pengunjung akan dimanjakan dengan nuansa alam yang begitu kental.

Selain terdapat hamparan kebun teh, para pengunjung juga dapat menikmati buah jeruk yang menjadi produk unggulan di wilayah Kecamatan Sukalarang. “Kami yakin, wisatawan yang datang ke sini akan merasakan kesejukan alam yang sebenarnya,” katanya.

Untuk mengembangkan kawasan agrowisata, warga dan pemerintah desa akan terus berinovasi dengan menyediakan tempat berfoto dan melengkapi fasilitas wisata lainnya. “Saya berharap, dengan adanya kawasan agrowisata ini ekonomi warga semakin meningkat,” pungkasnya. (Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan