KOTA SUKABUMI

Masyarakat Kota Sukabumi Harus Waspada Potensi Bencana

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi bencana alam. Hal itu untuk mencegah adanya korban dan memudahkan dalam penanggulangannya.

“Kota Sukabumi harus siap siaga terhadap potensi bencana dimiliki,”kata Fahmi usai menjadi inspektur upacara pada Peringatan HUT ke-74 PMI dan HUT ke-50 Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) Radio Perintis Kota Sukabumi di Lapang Merdeka Kota Sukabumi, Selasa (17/9).

Fahmi berharap peringatan HUT PMI ini bisa dimaknai sebagai bentuk sinergis dengan pemerintah derah. Terlebih menjadi salah satu kesiap siagaan PMI dalam menghadapi berbagai ancaman bencana jika terjadi di wilayah Kota Sukabumi.

Lantaran sambung dia, PMI merupakan salah satu bagian paling depan dalam penanggulangan bencana, khususnya penyelamatan korban.

“Saat musibah, PMI langsung masuk didalam penanggulangannya, baik memberikan bantuan kesehatan maupun natura,” jelasnya.

Ditambahkan Fahmi, tugas PMI bukan hanya membantu saat ada bencana saja. Juga dalam musim kemarau ini, antara lain membantu mendistribusikan air bersih kepada masyarakat yang kekurangan air bersih. “Selama ini PMI sudah berkolaborasi dengan Pemkot Sukabumi,”katanya.

Sementara Ketua PMI Kota Sukabumi, drh. Suranto Sumowiryo menambahkan, pihaknya akan bekerja sama
dengan dengan PDAM TBW Kota Sukabumi untuk pendistribusian air bersih. Selain itu, memanfaatkan sumur-sumur artesis milik PDAM Kota mau pun Kabupaten Sukabumi.

“Ketika musim kemarau, banyak masyarakat kekurangan air bersih, kami tidak mau ketinggalan untuk membantu. Mobil tangki ini bisa dipakai setiap hari secara cuma-cuma. Intinya, setiap ada bencana, PMI akan hadir,” pungkasnya.

(bal/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan