KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

196 Warga Simpenan Keracunan Massal, Ini Menu Makannya

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Warga Kampung Kampung Babakan RW 04, Kedusunan ciangrek, Desa Mekarasih, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi menjadi korban keracunan massal pada Senin (16/9/2019) kemarin.

Diberitakan sebelumnya, mereka menjadi korban keracunan usai menyantap makanan yang disajikan pada hajatan resepsi pernikahan yang diselenggarakan oleh Itah, warga setempat.

Kapolsek Simpenan AKP Aguk Khusaini dalam rilis yang diterima Radarsukabumi.com mengatakan, saat ini pihaknya masih mendalami kasus tersebut lewat keterangan sejumlah saksi terkait. Seperti penyelenggara acara, juru masak, pembeli bahan makanan, hingga warga setempat.

“Jadi tindakan yang dilakukan berupa mengecek TKP, mengecek kondisi korban, lalu mengumpulkan barang bukti atau sampel makanan berupa olahan daging ayam yang ditelah dimasak dan dibumbui, masakan mi keriting, nasi putih, bumbu racikan dan bumbu kemasan serta air minum,” kata dia, Selasa (17/9/2019).

Diketahui dalam acara tersebut, masakana yang disajikan berupa nasi, bihun, dan ayam goreng bumbu. Sampel barang buktinya telah diambil untuk dicek di laboratorium.

“Gejala korban keracunan seperti mual, muntah dan pusing setelah mengonsumsi hidangan dari acara resepsi pernikahan tersebut,” ujarnya.

Lebih lanjut, dari data yang berhasil dihimpun Radarsukabumi.com disebutkan bahwa total korban keracunan di Simpenan berjumlah 196 orang.

Dengan rincian, di posko Desa Cibuntu ada 66 orang, di RSUD Palabuhanratu dirujuk 2 orang, dan 130 orang masih berada di TKP.

Penanganan korban keracunan massal ditangani oleh tim gabungan dari Dinas kesehatan Kabupaten Sukabumi dan dokter Puskesmas Kecamatan Simpenan serta relawan Kecamatan Simpenan.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan