Featured

Soal Mata Kanan Thareq Habibie, Ini Penyebabnya

RADARSUKABUMI.com – Mata kanan Thareq Kemal Habibie, dalam berbagai kesempatan belakangan ini, tampak ditutup. Publik penasaran, ada apa dengan mata kanan putra bungsu almarhum BJ Habibie itu.

Putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, menjelaskan penyakit yang diderita oleh adiknya itu. Dia jelaskan, penyakit adiknya bernama glaukoma yakni penyakit yang merusak bagian retina mata.

“Itu tidak bisa digantikan, dengan teknologi hari ini tidak bisa, sekali rusak selalu rusak, belum ada metode pengobatannya,” kata Ilham Habibie di Jakarta, Jumat (13/9)

Karenanya, dia menegaskan pesan berantai (broadcast) yang menyebut BJ Habibie mendonorkan kornea matanya untuk putra bungsu, Thareq Kemal Habibie, adalah hoaks.

“Penyakitnya retina, kalau kornea bukan penyakitnya Thareq, kalau kita pakai bahasa kekinian itu adalah hoaks, tidak mungkin (menyembuhkan kerusakan retina mata dengan cara donor), mungkin dengan cara yang lain, dan itu belum ditemukan,” kata Ilham Habibie di Jakarta, Jumat.

Berbeda dengan kerusakan mata di bagian kornea, hal itu kata Ilham, masih mungkin untuk disembuhkan dengan metode pengobatan saat ini.

Adiknya tersebut, lanjut dia, menderita glaukoma akibat dari penyakit gula yang sudah ditanggung Thareq bertahun-tahun.

“Biarpun ya ceritanya indah didengar tapi secara teknis itu tidak bisa dan tidak pernah terjadi kalau kita pakai bahasa, mungkin tidak bisa ditolong,” ujarnya.

(Boyke LW/ant/jpnn/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan