KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Koramil 0708 Dan Satpol PP Cikembar Latih Anggota Linmas

CIKEMBAR, RADARSUKABUMI.com – Menjelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) yang rencananya diselenggarakan secara serentak pada November 2019, Koramil 0708/Cikembar beserta Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kecamatan Cikembar, melatih kesiap siagaan kepada puluhan anggota Linmas se-Kecamatan Cikembar, kemarin (12/9).

Pelatihan yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Bojong, Desa Bojong, Kecamatan Cikembar ini, bertujuan meningkatkan pemahaman dan kapasitas anggota Linmas dalam menghadapi pengamanan pesta demokrasi.

Kasie Trantibum Kecamatan Cikembar, Dading mengatakan, pelatihan kesiap siagaan ini, sangat penting dilakukan. Karena, anggota Linmas merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan pengamanan secara langsung dalam pesta demokrasi. Seperti Pilkdes, Pileg dan Pilpres.

“Untuk itu, seluruh anggota Linmas se Kecamatan Cikembar dilatih mengenai Peraturan Baris Berbaris (PBB) agar nantinya mereka bisa melaksanakan tugas dengan baik dan berdisiplin tinggi sesuai dengan tujuan dari PBB itu sendiri,” jelas Dading kepada Radar Sukabumi.

Pada pelatihan tersebut, sambung Dading, seluruh anggota Linmas dilatih oleh Satpol PP dan Koramil Kecamatan Cikembar. Di antaranya, membekali materi tata cara menggunakan pakaian seragam Linmas yang benar, cara mengikat tali sepatu, memberikan materi PBB, cara sikap sempurna, sikap istirahat dan penghormatan.

“Intinya, pelatihan untuk mengoptimalisasi keberadaan Linmas di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu, dengan pelatihan ini, Linmas diharapakan mampu melakukan pendekatan yang persuasif, edukatif dan parsitipatif di tengah-tengah masyarakat,” bebernya.

Danramil 0708/Cikembar, Kapten Arm. Sanusi Galae mengatakan, pelatihan anggota Linmas ini, untuk mewujudkan sikap profesionalisme dan patriotisme agar tetap terdepan membela masyarakat dalam situasi sesulit apapun.

“Tugas pokok dan fungsi Linmas ini, merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Jadi, tugas mereka bukan hanya mengamankan dalam kegiatan Pilkades saja, tetapi mereka juga selalu berperan aktif dalam penanggulangan bencana. Untuk itu, satuan Linmas harus mampu menjadi pelopor dan penggerak pengamanan swakarsa di tengah-tengah masyarakat,” katanya.

Untuk itu, dalam menjalankan tugasnya, anggota Linmas harus membaur dengan seluruh masyarakat. Ini dimasudkan untuk menciptakan situasi tertib, tentram dan aman di wilayahnya masing-masing.

“Dalam menjalankan tugas pengamanan Pilkades nanti, Linmas sangat berperan di TPS. Jaga masyarakat kita supaya tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang belum jelas kebenarannya,” pungkasnya.

(den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan