Anies Diminta Habibie Hati-Hati Soal Reklamasi

MENGENANG: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan didampingi Sandiaga Uno saat bertemu dengan Alm Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie beberapa waktu lalu. (foto: ist)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Kepergian Presiden ketiga RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie turut meninggalkan kenangan mendalam bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Anies mengaku terkenang selalu dengan pesan Habibie saat dirinya menjabat sebagai pemimpin ibukota. Salah satu nasihat mantan Menteri Riset dan Teknologi itu adalah tentang proyek reklamasi di Teluk Jakarta. Habibie, kata Anies, memanggilnya secara khusus untuk membahas mengenai masalah reklamasi.

“Saya dipanggil Pak Habibie. Beliau mengatakan, “Anies yang dihadapi itu besar loh Nies, raksasa. kamu hati-hati”,” tuturnya di Balaikota DKI, Jakarta, Kamis (12/9).

Bacaan Lainnya

Habibie, lanjut Anies, sempat khawatir terjadi sesuatu padanya. Khususnya kepada para keluarga terdekat Anies jika berani menentang menghentikan reklamasi. “Saya ini Ayah kamu. Kamu anak saya. Jadi kamu hati-hati,” kenangnya.

Mantan Mendikbud itu ingin menekankan bahwa BJ Habibie merupakan negarawan yang memiliki kepedulian tinggi. Sekalipun tidak muncul di publik, Habibie sebenarnya tidak diam dan bergerak di balik layar. “Beliau itu tidak diam, tapi tidak muncul di publik. Tidak ada pernyataan sebagai negarawan karena beliau membatasi mana yang harus bicara di depan umum dan mana yang privat,” jelasnya.

“Apakah hanya saya satu-satunya yang dipanggil Pak Habibie ? Tidak. Banyak orang yang dipangil oleh pak habibie dan ngobrol,” ungkap Anies.

 

(rmol/jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *