Catatan Hazairin SitepuSUKABUMI

Selamat Jalan Idolaku

Oleh Hazairin Sitepu

Hal yang membahagiakan saya setelah lima tahun menjadi wartawan adalah bertemu dan mewawancarai Prof Dr BJ. Habibie. Tahun 1990 di Makassar Golden Hotel 2(MGH). sehabis magrib. Saya waktu itu adalah wartawan muda Harian Fajar.

Dapat tugas dari kantor untuk meminta pandangan Pak Habibie tentang kualitas sumber daya manusia Indonesia. Agak gugup memang berhadapan dan mewawancarai manusia genius yang waktu itu adalah Menteri Riset dan Teknologi (Menristek).

Sorotan matanya yang tajam membuat saya tidak berani memotong setiap penjelasannya. Bukan karena takut tetapi lebih karena senang, bangga dan bahagia bisa bertemu manusia langka itu. Apalagi bisa mewawancarainya secara langsung.

Saya tau Habibie adalah manusia biasa dengan IQ di atas rata-rata manusia cerdas di muka bumi ini. Di atas IQ yang dimiliki Issac Newton, Albert Einstein dan Galileo Galilei sekalipun. Einstein memiliki skor IQ 160. Skor IQ Galileo 165. Newton memiliki IQ 190. Sedangkan Habibie memiliki skor IQ 200.

Saya masih ingat beberapa kalimat penting dari Pak Habibie waktu itu: -“Indonesia baru bisa menjadi negara maju apabila memiliki sumber daya manusia yang unggul…”

“Bangsa Indonesia harus menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi…”
“Teknologi selalu mendatangkan nilai tambah bagi sektor apa saja. Termasuk pertanian…”

“Kurikulum pendidikan harus mencerminkan keinginan kita untuk bersaing…”

Pulang ke kantor lebih banyak membawa rasa bangga daripada membawa berita yang harus ditulis. Bangga bisa bertemu dan mewawancarai manusia langka. Manusia genius. Bangga bertemu idola. Karena itu saya menjadi anggota ICMI (Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia).

Terakhir kali saya bertemu Pak Habibie di Universitas Al-Azhar. Bulan Oktober 2017. Dan kemaren petang manusia terbaik Indonesia itu dipanggil pulang oleh Allah SWT.

Bangsa ini kehilangan manusia terbaiknya. Pak Habibie bukan saja aset Indonesia, tetapi juga dunia. Innaalillaahi wainnaa ilaihi raaji’uun.

Selamat jalan Pak Habibie.

(Hazairin Sitepu)

Tags

Tinggalkan Balasan