NASIONALSUKABUMI

BJ Habibie adalah Presiden Pertama yang Dimakamkan di TMP Kalibata

RADARSUKABUMI.com – Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dipastikan jadi Presiden RI pertama yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Untuk diketahui, tiga presiden sebelumnya tak ada yang dimakamkan di TMP Kalibata.

Bung Karno, atas permintaan keluarga, dimakamkan di Blitar, Jawa Timur. Sedangkan Soeharto dimakamkan di Astana Giribangun, Karanganyar, Jawa Tengah.

Sedangkan Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dimakamkan di utara pusara kakeknya yang juga pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Hasyim Asy’ari di Pondok Pesantren (PP) Tebuireng, Jombang, Jawa Timur.

Sekretaris Pribadi BJ Habibie, Rubijanto menyatakan, jenazah pria kelahiran Parepare, Sulawesi Selatan pada 25 Juni 1936 itu disemayamkan di rumah duka di Jalan Patra Kuningan, Jakarta Selatan.

Upacara penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada pemerintah di rumah duka rencananya akan dipimpin oleh Anggota Dewan Pertimbangan Presiden, Jenderal TNI (purn) Agum Gumelar pada pukul 12.30 WIB.

Rombongan kereta jenazah akan diberangkatkan menuju TMP Kalibata pada pukul 13:00 WIB melalui rute Jalan Taman Patra Kuningan-Jalan Patra Kuningan Utara-Jalan HR Rasuna Said.

Selanjutnya Jalan Jenderal Gatot Soebroto-Jalan Raya Pasar Minggu-Jalan Raya Kalibata hingga ke TMP Kalibata.

Presiden Habibie akan dimakamkan di sebelah pusara mendiang istrinya, Ibu Ainun Habibie, yang menempati slot 120-121 di TMPN Kalibata.

“Upacara penyerahan jenazah dari pihak Keluarga kpd Pemerintah. Pukul 13.00 jenazah diberangkatkan dari rumah duka Jalan Patra Kuningan XIII/3 Jaksel menuju TMP Kalibata,” tuturnya, Kamis (12/9/2019).

Lebih lanjut Rubijanto menginformasikan, sekitar pukul 13.00 WIB, jenazah rencanya berangkat menuju lokasi pemakaman.

Yakni di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Proses upacara pemakaman, kata Rubijanto, akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo.

“Pukul 13.30 WIB Prosesi Upacara Pemakaman Jenazah di TMP Kalibata. Irup Presiden RI Bapak Ir. H. Joko Widodo,” tambahnya.

(ruh/pojoksatu/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan