DUNIASUKABUMI

Puluhan Jamaah Syiah Tewas saat Peringatan Asyura di Karbala

RADARSUKABUMI.com – Peringatan Hari Asyura di Karbala, Irak, Selasa (10/9), berubah jadi banjir darah. Setidaknya 31 orang dilaporkan tewas dan 102 lainnya terluka dalam prosesi ritual muslim Syiah tersebut.

Kementerian Kesehatan Irak mengungkapkan bahwa jumlah korban tewas masih bisa bertambah. Pasalnya, ada beberapa korban terluka yang saat ini dalam kondisi kritis di rumah sakit.

Pihak kementerian tidak memberikan informasi detail tentang penyebab meninggalnya para peziarah itu. Namun, saksi mata di lapangan mengungkapkan bahwa banyak di antara korban terinjak-injak saat berdesakan menuju tempat suci Imam Hussein.

“Peziarah berjatuhan dan saling tindih, kami tidak bisa menolong mereka,” ujar Abdel Mahdi, salah satu peziarah kepada Reuters.

Asyura diperingati muslim Syiah pada hari ke-10 Muharam. Ritual ini memperingati tewasnya Imam Hussein, cucu Nabi Muhammad, dalam Perang Karbala pada tahun 680.

Peringatan Asyura adalah hari libur nasional di Irak. Dari tahun ke tahun, ritual di Karbala selalu dihadiri ribuan orang dari berbagai penjuru dunia.

(ant/dil/jpnn/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan