Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

Gerindra Belum Tentukan Pimpinan DPRD

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Dua dari tiga partai yang memiliki kursi terbanyak di DPRD Kota Sukabumi sudah menentukan pimpinan definitif. Keduanya, yakni Partai Golkar mempercayakan kepada Jona Arizona yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Sementara. Sedangkan untuk pimpinan DPRD dari PKS diamanahkan kepada Wawan Juanda. Untuk satu kursi pimpinan lagi dipegang partai Gerindra. Dimana, hingga saat ini, partai berlambang kepala garuda tersebut belum menunjuk siapa yang akan menduduki kursi kepemimpinan DPRD tersebut. Bahkan, saat dihubungi melalui jaringan telpon, Sekretaris DPC Paratai Gerindra, Momi Soraya belum bisa memberikan komentar apapun.

Sementara itu, terkait penunjukan Jona Arizona sebagai pimpinan definitif DPRD Kota Sukabumi dari Partai Golkar, Sekretaris DPD Golkar Kota Sukabumi, Gundar Kolyubi membenarkan hal tersebut. Diterangkan Gundar, keputsan itu merujuk SK dari DPP Golkar. “Pemimpinan definitif sudah selesai, SK nya sudah diterima dari DPP. Kang Jona menjadi Pimpinan DPRD dari partai Golkar,” terangnya.

Dengan adanya SK tersebut partai Golkar berarti sudah menyelesaikan kewajibannya kepada DPRD Kota Sukabumi. Termasuk untuk Fraksi pun sudah selesai. ” Semua sudah selesai, pimpinan sudah ada, jadi kinerja DPRD bisa berjalan,” jelasnya.

Sementara itu DPD PKS Kota Sukabumi memastikan Wawan Juanda sebagai wakil ketua DPRD Kota Sukabumi. Hal itu pun sudah ditetapkan ke dalam SK DPP PKS. “Sudah ditetapkan Pak Wawan menjadi wakil ketua DPRD Kota Sukabumi,” ujar Ketua DPD PKS Kota Sukabumi Asep Tajul Muttaqin, belum lama ini. Menurutnya, SK tersebut sudah ada sejak Agustus lalu. Bahkan sebelum pelantikan anggota DPRD Kota Sukabumi. “Di PKS sih sudah semuanya. Sebab penyerahan SKnya serentak dari DPP,” ucapnya. Bahkan untuk fraksi pun sudah selesai. Di mana, Lukmansyah ditunjuk partai menjadi ketua fraksi. “Sudah Pak Lukmansyah ditunjuk menjadi ketua fraksi,” ungkapnya.

Semua berkaitan hal tersebut telah disampaikan ke DPRD Kota Sukabumi. Sehingga syarat dan persyaratan sudah selesai semua. “Kalau PKS sudah selesai semua. Baik fraksi ataupun wakil ketua DPRD Kota Sukabumi,”jelasnya.

Ditempat terpisah, Wakil Pimpinan DPRD Kota Sukabumi sementara Jona Arizona mengatakan, pembentukan fraksi-fraksi sebagain surat dari partai politik sudah masuk ke sekretariat DPRD, termasuk surat usulan penentuan unsur pimpinan. “Surat dari parta politik untuk unsur pimpinan yakni Ketua dan dua wakil pimpinan sudah masuk, Yakni dari partrai Golkar dan PKS, sedangkan dari Partai Gerindra sebagai Pimpinan, kita masih menunggu,”ujar Jona saat ditemui di ruang kerjanya. Selasa, (10/09).

Jona memastikan untuk keanggotaan fraksi, berkas dari partai politik akan segera diserahkan ke sekretariat DPRD. Sebab, diakui Jona, pihaknya sudah jauh-jauh hari melayangkan surat himbauan ke setiap partai politik tentang pembentukan fraksi ataupun unsur pimpinan. “Mudah-mudahan hari ini atau besok sudah menyampaikan keanggotaan fraksi. Untuk pimpinan definitif dari parati Gerindra, ya mudah – mudahan juga bisa secepatnya. Kita tidak bisa intervensi itu tanahnya partai,”terangnya.

Jika semua sudah tuntas, tentu saja pihaknya akan membentuk alat kelengkapan DPRD (AKD) lainya. Namun demikian, saat ini pihaknya belum bisa membuat AKD sebab belum dibentuk pimpinan definitif. “Mudah-mudahan satu dua minggu kedepan SK dari Gerindra untuk komposisi Ketua DPRD sudah disampaikan, tinggal melaksankan paripurna penetapan dan pelantikan unsur pimpinan”ujarnya.

Jona juga menargetkan jika semua AKD bisa terbentuk paling lambat di bulan oktober. Sebab kata Jona, jika melihat perkembangan di akhir bulan September ini sudah ada pimpinan definitif.”Maksimal di bulan Oktober seluruh AKD sudah bekerja maksimal. Salah satunya pembahasan APBD tahun 2020,”pungkasnya.

 

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan