FeaturedSUKABUMI

Akhirnya, Ainun ‘Ditemui’ Habibie dalam Keabadian

RADARSUKABUMI.com – Ada tiga vas bunga. Di atas sebuah pusara. Bersih dan indah karena ada bunga segar yang mewarnai. Batu nisan setinggi paha tertanam di bagian utara makam. Terukir sebuah nama, Hasri Ainun Habibie.

Ainun, istri dari Presiden ketiga Indonesia, Baharudin Jusuf Habibie, terbaring selamanya di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan. Cinta BJ Habibie pada sang istri begitu mendalam, terwujud dalam bunga yang selalu tampak segar sehingga menimbulkan wangi yang semerbak.

Ainun mendapat tempat terhormat bukan hanya di hati BJ Habibie, melainkan seluruh rakyat Indonesia. Penghormatan itu diwujudkan dengan memakamkan Ibu Negara ini bersama para pahlawan dan tokoh yang berjasa bagi Indonesia di Taman Makam Pahlawan.

Makam ini terletak di beberapa pusara tokoh besar nasional. Makam Jenderal Besar Abdul Haris Nasution berada di sisi utara Ainun. Sisi barat, ada makam diplomat ulung mantan Menteri Luar Negeri era orde baru, Ali Alatas.

Di sisi selatan hamparan tanah lapang terlihat begitu menghijau. Serta di sisi timur makam Ainun, jenazah begawan ekonomi Widjojo Nitisastro ditempatkan di sana.

Tetapi, ada lahan kosong di antara makam Ainun dan Widjojo. Lahan makam itu telah dipesan khusus. Muncul pertanyaan siapakah sosok yang nantinya akan menempati lahan tersebut.

“Pak Habibie ingin dekat dengan makan istrinya,” tutur Lani, pengurus lahan TMP Kalibata.

Lani merupakan salah satu PNS yang bertugas mengurusi lahan pemakaman khusus milik negara itu, Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Sejak Ainun berpulang pada 22 Mei 2010, Habibie setia mengunjungi pusara kekasih abadinya itu. Setiap ke sana, Habibie selalu mengenakan syal peninggalan Ainun. Syal berwarna krem itu melingkar di lehernya. Melengkapi baju koko yang dia kenakan. Itulah syal pengusir sepi yang membuat Habibie selalu merasa ada Ainun di sisi.

Kini, Presiden Republik Indonesia ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie dikabarkan meninggal dunia dalam usia 83 tahun

Habibie meninggal dunia pukul 18.05 WIB, Rabu (11/9/2019) di RSPAD Gatot Soebroto.

Kabar ini dipastikan putra Habibie, Thareq Kamal Habibie.

Diketahui, Habibie telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019.

Dan tanah kosong yang berada disamping makam istri Presiden Indonesia ke-3 itu akan ditempati oleh BJ, Habibie.

(jp/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan