Wagub Jabar Tak Diberdayakan Parpol

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – Secara mengejutkan terjadi perubahan konstelasi politik di tingkat elite. Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan Suharso Monoarpa dan Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum merapat ke Prabowo Subianto. Tentu saja hal tersebut menimbulkan banyak spekulasi, terlebih dalam pertemuan tersebut turut pula hadir Bupati Bogor yang merupakan Ketua DPW PPP Jabar Ade Yasin.

“Ade Yasin jelas karena dia menjadi Bupati Bogor. Artinya, ia penguasa wilayah di mana Hambalang tempat kediaman Prabowo berada di wilayah Kabupaten Bogor yang dipimpinnya. Selain itu, Wakil Bupati Bogor Iwan Setiawan pun merupakan Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerinda Kabupaten Bogor.” Begitu dikatakan Daddy Rohanady, politisi Gerinda, yang juga DPRD dari Partai Gerindra yang kembali terpilih untuk periode 2019-2024, kepada RMOLJabar, Senin (9/9).

Bacaan Lainnya

Menurutnya, dalam konteks Ade Yasin, tampaknya kedatangannya ke rumah Prabowo relatif lebih mudah dipahami. Demikian pula kehadiran Ketua Umum PPP Suharso Monoarpa. Ia jelas mengantar Ade Yasin.

Lantas bagaimana dengan Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum,a Ini yang menarik. Ada yang menafsirkan pertemuan itu bagi Uu merupakan “balik kanan”. Seperti diketahui menjadi pasangan calon kepala daerah Jabar, Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum berada di kubu yang berbeda dengan Gerindra.

PPP pada pemilihan gubernur Jabar 2018 menjadi salah satu pengusung pasangan Emil-Uu, sedangkan Gerindra dan PKS mengusung Sudrajat-Syaikhu. “Mungkinkah Uu merasa tak diberdayakan secara proporsional oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil? Benarkah ia merasa benar-benar hanya menjadi ban serep? Kalau ya, ini pasti mermbuat seorang Uu yang mantan Bupati Tasikmalaya itu tidak nyaman,” ujar Daddy.

Masih kara Daddy, Uu sebagai mantan orang nomor satu yang biasa memainkan segala peran di daerahnya, bisa jadi kini ia merasa kurang optimal mengaktualisasikan konsep pembangunannya. “Maka, jalan yang ditempuhnya adalah merapat ke Gerindra yang menjadi pemenang dalam pileg tingkat provinsi di Jawa Barat,” imbuh Daddy.

 

(son/jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *