PENDIDIKAN

Prodi PJKR UMMI Go Internasional

SUKABUMI, RADARSUKABUMi.com – Menindaklanjuti program Kelas Internasional di Malaysia, Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) kembali bertandang ke Negeri Jiran tersebut, Senin (2/9). Dalam kunjungannya, Program Studi (Prodi) Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) UMMI diberi kesempatan melakukan kunjungan ke Pro MMR Sport Recovery yang berada di Kuala Lumpur.

Kedatangan mereka disambut Direktur sekaligus Founder Pro MMR Sport Recovery, Mohd. Azlan Othman. Pro MMR Sport Recovery sendiri merupakan profesional sport massage asal Malaysia yang telah berpengalaman di bidang sport massage dan rehabilitasi cedera olahraga. Diantaranya pernah menjadi masseur bagi atlet-atlet nasional Malaysia yang berlaga dalam berbagai event olahraga internasional seperti Sea Games, Asian Games, hingga Olympic Games maupun atlet-atlet internasional dari berbagai negara dalam event-event olahraga internasional lainnya seperti marathon dan balap sepeda. Ketua Prodi PJKR Bachtiar mengatakan, kegiatan internasional yang dilakukan oleh prodinya tersebut merupakan penjajakan kerjasama dan saling bertukar pengetahuan antara dosen PJKR FKIP UMMI dengan ahli-ahli sport massage profesional dari Pro MMR Sport Recovery.

“Kunjungan pertama ini tentunya kami bersama Direktur Pro MMR Mohd. Azlan Othman juga telah merumuskan poin-poin kerjasama internasional PJKR UMMI dengan Pro MMR, antara lain program magang mahasiswa, dosen tamu, dan kolaborasi pengembangan massage olahraga terintegrasi dengan nilai-nilai keislaman,” terang Bachtiar kepada Radar Sukabumi.

Menurutnya, kerjasama dijalin untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi mahasiswa PJKR sebagaimana dirumuskan dalam profil lulusan bahwa selain memiliki kompetensi utama sebagai calon pendidik, lulusan PJKR juga diharapkan memiliki beberapa kompetensi pendamping. Salah satunya dalam bidang sport massage, dan penangan cedera akibat aktivitas jasmani dan olahraga. “Dalam kunjungan itu salah satu dosen kami Firman Maulana mata kuliah massage olahraga, beliau sudah memiliki lisensi level satu dan dua nasional dari Perkumpulan Terapis Massage Indonesia (PTMI), diberi kesempatan untuk saling bertukar pengetahuan dengan ahli massage dari Pro MMR dan itu menjadi kebanggan bagi pihak UMMI,” ucapnya.

Selain berkunjung ke Pro MMR Sport Recovery, pihaknya juga mengunjungi Kolej Universiti Islam antarabangsa Selangor (KUIS). Di sini, dosen PKJR UMMI menjadi guest lecturer. Adapun yang mendapat kesempatan itu adalah Bachtiar, Firman Septiadi, dan Wening Nugraheni. Ketiganya mengajar mata kuliah sukan (olahraga), dan permainan kepada mahasiswa Fakultas Pendidikan KUIS yang sedang menempuh mata kuliah tersebut.

Selama kegiatan, tampak antusiasme dari mahasiswa dalam mengikuti materi yang disampaikan oleh dosen PJKR UMMI. “Mahasiswa kami terlihat sangat terkesan dengan kuliah yang diberikan oleh dosen dari PJKR FKIP UMMI,” ucap Cik Nor Hanieza binti Esa, selaku dosen mata kuliah sukan dan permainan di KUIS.

Dekan Fakultas Pendidikan KUIS Zetty Nurzuliana binti Rashed ingin ke depan akan melakukan kolaborasi dalam beberapa kegiatan. Antara lain kolaborasi penyusunan buku ajar olahraga dan permainan tradisional Indonesia dan Malaysia yang diintegrasikan dengan nilai-nilai Islam, serta dosen KUIS akan bergantian berkunjung ke UMMI, untuk mengajar mata kuliah olahraga tradisional dan olahraga rekreasi.

 

(wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan