Raih Juara di Tingkat Nasional, Perpustakaan Cisarua Ngaliwet

Perpustakaan Cisarua gelar ngaliwet dalam rangka syukuran juara di Perpustakaan Nasional. (foto: Fawzy/radarsukabumi)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Para pengurus Perpustakan Cisarua menggelar acara ‘ngaliwet’ di halaman belakang Kantor Kelurahan Cisarua, Jalan Samsi, Kelurahan Cisarua, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi pada Senin (9/9/2019) hari ini.

Ternyata acara tersebut sebagai bentuk rasa syukur atas prestasi yang telah mereka dapatkan dari ajang Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Nasional 2019.

Bacaan Lainnya

Diketahui, Perpustakaan Cisarua atau yang disingkat PerCis meraih juara harapan 2 pada ajang bergengsi tersebut.

“Alhamdulillah, Perpustakaan Cisarua mendapat juara harapan 2 di tingkat nasional. Acara yang sederhana ini sebagai bentuk rasa syukur dan terima kasih kami kepada para pengurus perpustakaan, pengurus Kelurahan Cisarua, masyarakat sekitar, para relawan dan semua pihak terkait yang membantu kami sehingga meraih prestasi ini,” kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu kepada Radarsukabumi.com, Senin (9/9/2019).

Keikutsertaan PerCis di ajang tersebut selain mewakili Kota Sukabumi, juga Provinsi Jawa Barat. Ya, sebelumnya PerCis menjadi juara 1 pada even Lomba Perpustakaan Desa/Kelurahan tingkat Provinsi Jawa Barat untuk kluster A.

Ketua Perpustakaan Cisarua, Yusmeli Japar mengatakan, ada beberapa catatan penting yang dia raih dari lomba ini. Namun Yusmeli memastikan, yang mereka target bukanlah trofi dan hadiah, melainkan predikat dan prospek jangka panjangnya.

“Tema lomba kali ini adalah “Perpustakaan Berbasis Inklusi”. Artinya peran perpustakaan hadir di masyarakat yang memberikan dampak inklusi. Jadi kami di sini merangkul masyarakat dan para pelaku UMKM untuk terlibat aktif di kegiatan literasi perpustakaan. Kami latih bagaimana cara berwirausaha dan sebagainya,” kata Yusmeli di sela-sela syukuran.

Pasca lomba ini, imbuh Yusmeli, pihaknya bertekad akan meningkatkan kegiatan literasi seluruh perpustakaan desa/kelurahan yang ada di Kota Sukabumi. Sebab Perpustakaan Cisarua otomatis akan menjadi mentor terhadap perpustakaan yang ada di Kota Sukabumi bahkan di Jawa Barat.

Pengumuman lomba ini dilakukan pada tanggal 16 Agustus 2019 kemarin. Perpustakaan Cisarua harus bersaing dengan perpustakaan desa/kelurahan se-Indonesia.

“Alhamdulillah, kami ingin ucapkan terima kasih kepada masyarakat Kota Sukabumi khususnya di Kelurahan Cisarua atas kontribusinya kepada kami,” pungkas Yusmeli.

(izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *