Kecamatan Cikole

Kelurahan Karang Tengah Percontohan FCU Se- Jabar

KOTA SUKABUMIKelurahan Karang tengah, Kecamatan Gunung Puyuh menggulirkan program Family Care Unit (FCU). Program itu merupakan unit pelayanan kesejahteraan sosial terpadu bagi keluarga di tingkat desa atau kelurahan yang menangani permasalahan keluarga.

“ Kita menjadi perncotohan di Jabar, karena baru ada di kelurahan Karang tengah,” ujar Lurah Karang Tengah, Tony Slamet pada acara penguatan pembinaan keluarga pionir dan keluarga plasma disalah satu hotel di Jalan Surkencana Kota Sukabumi, kemarin.

Program yang diluncurkan Kementerian Sosial yang didelegasikan ke Dinas Sosial tingkat kota dan kabupaten. FCU atau Lembaga Konsultasi Peduli Keluarga (LKPK) terdiri dari keluarga pioner sebagai pembimbing dan keluarga plasma sebagai yang dibimbing.

Pada prinsifnya dalam salah satu misinya adalah membina keluarga pra sejahtera yang disebut keluarga plasma agar naik menjadi keluarga sejahtera. ” Jadi, keluarga pionir itu keluarga yang mampu membimbing keluarga plasma. Program ini sudah berjalan sejak tahun 2013 di Kelurahan Karang Tengah,” ujarnya.

Walaupun baru ada di Kelurahan Karang Tengah, kata Tony kedepannya Kementerian Sosial menargetkan di setiap kelurahan dan desa ada FCU, sehingga keluarga plasma yang dibantuk semakin banyak yang naik menjadi keluarga sejahtera.

” Bantuan bukan dalam bentuk uang, sebab itu sudah ada PKH (Program Keluarga Harapan) dan BPNT (bantuan pangan non tunai), tapi pembinaan dan dorongan dalam berbagai bentuk seperti keahlian,” jelasnya.

FCU tingkat kelurahan dibentuk oleh Lurah. Maka FCU bertanggungjawab kepada lurah, baik itu kegiatan maupun hasil pembinaannya. ” Misalnya ada penyuluhan yang dilakukan oleh keluarga pionir harus sepengetahuan lurah,”katanya.

Tony mengharapkan ke depan FCU dapat memberikan pembinaan dalam keterampilan dan wirausaha mengingat Kelurahan Karangtengah merupakan wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Sukabumi.

Di wilayah kerjanya terdapat 82 kepala keluarga pioner dan 333 kepala keluarga plasma yang harus dibantu. Para keluarga tersebut menyebar di 16 RW. ” Pemantapan program FCU merupakan program ketiga untuk pemberdayaan masyarakat yang dibiayai Dana Kelurahan (DK) di Karangtengah,” pungkasnya.

Siapkan 16 Program Kegiatan

CIKOLE- Kelurahan Karang Tengah Kecamatan Gunung Puyuh sudah menyiapkan sebanyak 16 program kegiatan. Kegiatan tersebut nantinya akan disebar disetiap ke Rw-an. ” Kita bagi menjadi dua kegiatan, yakni pemberdayaan masyarakat dan sarana prasana,” ujar Lurah Karang tengah Tony Slamet.

Dari 16 kegiatan itu kata Tony dibagi menjadi delapan untuk sarana prasarana dan delapan kegiatan pemberdayaan masyarakat. ” Kegiatan penguatan pembinaan keluarga pionir dan keluarga plasma ini merupakan kegiatan ketiga, setelah kegiatan pemberdayaan yang dilaksanakan untuk PKK dan Linmas. Selanjutnya akan ada kegiatan untuk LPM,” ungkapnya.

Lanjutnya, pada penyerapan tahap pertama sebesar Rp. 176 juta untuk 8 kegiatan. Diantaranya enam kegiatan untuk pemberdayaan masyarakat dan dua kegiatan untuk sarana dan prasarana. ” Selebihnya nanti pencairan tahap kedua pada Oktober,” jelasnya.

Tony Mengaku DK ini sangat membantu kelurahan dalam pembangunan fisik dan non fisik. Total Dana Kelurahan sebesar Rp352 juta dibagi dalam dua termin pencairan yakni masing-masing Rp176 juta.

“Uangnya tidak dipegang oleh Lurah, PPTK (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan) atau BPP (Bendahara Pengeluaran Pembantu), tapi dalam bentuk bilyet giro atau cek,” pungkasnya.

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan