Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

Ribuan Obor Sambut Tahun Baru Islam

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Penyambutan pergantian Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriyah di Kota Sukabumi berlangsung meriah, Sabtu (31/8) malam. Ribuan umat Islam bersama aparatur pemerintahan serta elemen masyarakat lainnya turun kejalan dengan melakukan pawai obor . Pawai tersebut dimulai dari depan balai Kota Sukabumi menelusuri sejumlah ruas jalan di pusat kota dam berakhir di Lapang Merdeka Kota Sukabumi. Di sana para peserta pawai disambut oleh Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi dan Wakil Walikota Sukabumi, Andri Setiawan Hamami bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Selesai acara penyambutan, dilanjutkan atraksi seni dan budaya Pencak Silat, permainan bola lengeun seuneu (Boles) dan cambuk api dari Ponpes Dzikir Al Fath yang dipimpinan KH.Fajar Laksana. Bahkan, Walikota bersama unsur Forkopimda menjajal permainan bola api.

Pada kesempatannya, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengatakan, penyambutan 1 Muharam 1441 Hijriyah tahun ini lebih meriah dari tahun sebelumnya. Hal ini sebagai bukti soliditas dan kekompakan umat Islam di Kota Sukabumi dalam menyambut tahun baru hijriyah ini sangat kuat. “Insya Allah, dengan kebersamaan yang kita jalin, baik Pemkot Sukabumi, TNI dan Polri, alim ulama , tokoh pemuda dan masyarakat ini semakin memperkokoh dalam membangun Sukabumi yang lebih baik ke depan,” ujarnya.

Perayaan penyambutan tahun baru kata Fahmi, sebagai salah satu syiar Islam, sehingga memberikan harapan dan semengat baru untuk pembangunan di Kota Sukabumi. ”Makanya, Pemkot Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, MUI, tokoh agama dan tokoh pemuda sepakat melaksanakan penyambutan tahun baru Islam tahun lebih gebyar dari sebelumnya,” kata Fahmi.

Fahmi menambahkan, dalam kegiatan tersebut ditampilkan pula seni Boles. Dimana kesenian tradisional tersebut merupakan ikon Kota Sukabumi. “Boles ini terus dikembangkan, ini bagian yang tak terpisahkan dalam seni budaya Kota Sukabumi,” akunya.

Fahmi berharap penyambutan tahun baru Islam ini tidak hanya sebatas seremonial saja, akan tetapi momentum pergantian tahun baru Islam tersebut menjadikan ummat Islam menjadi pribadi yang lebih baik. “Terpuji perkataan, fikiran dan perbuatan. Atas nama Pemkot Sukabumi, Polres Sukabumi Kota, Kodim 0607 Kota Sukabumi, Kemendag Kota Sukabumi dan MUI Kota Sukabumi, kami mengucapkan selamat tahun baru 1441 Hijriyah. Bagi Pemkot Sukabumi, Tahun Baru Islam sebagai bahan evaluasi bagi jajaran Pemkot Sukabumi agar pelayana lebih baik lagi di masa mendatang,” imbuhnya.

Sementara itu, Pimpinan Ponpes Dzikir Al-Fath Fajar Laksana mengapresiasi antusias masyarakat Kota Sukabumi dalam menyambut Tahun Baru Islam. Hal ini sebagai bukti ukhuwah isalamiyah, persatuan dan kesatuan umat Islam yang sangat kuat. “Ini menunjukkan keimanan dan ketakwaan yang akan menjadikan Kota Sukabami yang Renyah (Religius Nyaman dan Sejahtera),” pungkasnya. (bal)

Makna Tahun Baru Islam tahu ini menurut Fajar adalah, hijrah memeprkokoh persatuan umat Islam dalam membangun kesatuan untuk mempererat NKRI. “Mari bersatu, jangan terpecah belah agar akar bangsa Indonesia semakin kuat,” pungkasnya.

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan