Gerindra Pantas Dapat Kursi Pimpinan MPR

PANDANGAN POLITIK: Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, wajar apabila partainya mendapat posisi Ketua MPR. Sebab Gerindra adalah partai pemenang kedua di Pemilu 2019. (Gunawan/JawaPos.com)

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Kursi Ketua MPR terus menjadi perebutan dari lima partai. PKB, Golkar, Gerindra, Nasdem, PPP dan PDIP.? Namun, sampai saat belum jelas siapakah kandidat kuat yang bakal menggantikan posisi Zulkifli Hasan itu. Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, wajar apabila partainya mendapat posisi Ketua MPR. Sebab Gerindra adalah partai pemenang kedua di Pemilu 2019. “Saya kira wajar ya partai secara popular vote kedua terbesar kita menginginkan berada di dalam posisi pimpinan MPR. Saya kira sangat pantas,” ujar Fadli Zon di Gedung DPR, Jakarta, Senin (5/8).

Namun demikian, Fadli tidak mempermasalahkan apabila partainya tidak mendapatkan kursi Ketua MPR. Karena posisi wakil ketua MPR saja sudah cukup. Sebab menurut Fadli, Gerindra pantas duduk di jajaran pimpinan MPR. “Ya artinya di posisi pimpinanlah. Tapi kita lihat, apa mungkin bisa ketua MPR,” katanya.

Bacaan Lainnya

Wakil Ketua DPR ini menambahkan, saat ini komunikasi antar partai pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin untuk posisi pimpinan MPR juga terus berjalan. Semoga dalam waktu dekat komposisi di MPR bisa diselesaikan. “Komunikasi politik sudah berjalan, sudah semakin cair. Ya tentu bisa saja terjadi komunikasi-komunikasi yang menghasilkan posisi-posisi baru di dalam paket itu nantinya,” pungkasnya.

Sekadar informasi, enam partai mengincar jatah kursi Ketua MPR. Misalnya saja Golkar yang sudah menyodorkan nama-nama calonnya, seperti Aziz Syamsuddin dan Zainudin Amali.Kemudian PKB lewat ketua umumnya Muhaimin Iskandar yang ‘ngotot’ bisa menempati jabatan tersebut. Selanjutnya adalah PDIP punya kader yang bakal diusung seperti Ahmad Basarah, Andreas Hugo Pareira, dan Trimedya Pandjaitan.

Di Partai Gerindra bakal diajukan nama Ahmad Muzani. Untuk Partai Nasdem ada nama Lestari Moerdijat, dan terakhir PPP akan mencalonkan Arsul Sani menjadi Ketua MPR.

(wan)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *