BJB-Taspen Jajaki Potensi Kerja Sama Baru

MITRA: Foto bersama Jajaran PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (BJB) dan PT Taspen.

BANDUNG, RADARSUKABUMI.com – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten, Tbk (BJB) mempererat jalinan sinergi bersama PT Taspen (Persero), dengan menjajaki potensi kerja sama baru di berbagai lini bisnis. Penjajakan potensi ini dilakukan untuk mempererat jalinan kooperasi yang telah dilakukan kedua belah pihak.

BJB sendiri telah menjadi salah satu mitra bank pembayaran pensiun ASN, dan jasa perbankan lainnya yang telah berjalan selama ini. Beragam potensi kerja sama yang terbilang prospektif ini dipetakan dan dijajaki kedua belah pihak, agar bisa memberikan profit satu sama lain.

Bacaan Lainnya

BJB maupun pihak PT Taspen melihat banyak peluang kerja sama yang berpotensi memberikan jalan untuk penetrasi bisnis badan usaha milik negara tersebut.
“Banyak potensi usaha yang bisa digali untuk dikerjasamakan dan memberi keuntungan bagi BJB dan PT Taspen. Berbagai langkah bisnis yang dilakukan BJB selalu didasari semangat dan visi bersinergi untuk membangun negeri,” kata Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi.

Beberapa kesempatan yang akan dijajaki di antaranya ialah kerja sama layanan pendebitan rekening peserta, untuk pembayaran premi asuransi peserta PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) melalui BJB.

Skema kerja sama ini diharapkan bisa mengoptimalkan potensi pendapatan berbasis komisi (fee based income) BJB. Sebab potensi peserta pensiunan yang sebagian besar berasal dari Jawa Barat bisa langsung ditindaklanjuti oleh masing-masing cabang BJB. Selain itu, anak perusahaan BJB yakni BJB Syariah ikut dilibatkan dalam kerja sama ini. BJB Syariah siap ditunjuk sebagai salah satu bank mitra pembayaran untuk para peserta pensiunan PT Taspen. Di sisi lain, PT Taspen menawarkan untuk memberikan Kredit Investasi Kolektif Efek Beragun Aset (KIK EBA).

Kredit tersebut bisa digunakan apabila BJB membutuhkan cash flow terkait likuiditas untuk pemberian Kredit Konsumer BJB. Di luar kerja sama produk dan layanan, BJB juga mendapat mandat kepercayaan dari PT Taspen. BJB diminta untuk mengadakan pelatihan kewirausahaan kepada karyawan PT Taspen yang akan memasuki masa pensiun.
Pelatihan tersebut merupakan kepedulian BJB terhadap masa depan pensiunan, di mana perseroan sebelumnya telah mengadakan pelatihan PSAK 71 yang diselenggarakan untuk karyawan PT Taspen pada tanggal 14-16 Juli 2019.

Diharapkan penjajakan kerja sama antara BJB dan PT Taspen ini bisa mempererat sinergi, dan mengoptimalkan peluang perolehan dana pihak ketiga (DPK) dan fee based income bagi BJB maupun benefit komersial yang juga bisa diperoleh PT Taspen.

(jpnn)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *