PENDIDIKAN

Spanda Kota Sukabumi Wakili Jabar Tampil di Jamnas

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Sebanyak delapan anggota pramuka tim putri dari SMP Negeri 2 (Spanda) Kota Sukabumi, akan mengikuti Jambore Nasional (Jamnas) di Padang pada 25-31 Agustus 2019.

Kegiatan itu merupakan pertemuan Pramuka Penggalang se–Indonesia, dalam bentuk perkemahan besar yang di selenggarakan oleh Kwartir Nasional (Kwarnas) setiap lima tahun sekali.

“Dalam kegiatan tersebut, mereka mendapat kesempatan istimewa lantaran keberangkatannya mewakili Provinsi Jawa Barat (Jabar),” kata Kepala SMPN 2 Kota Sukabumi, Dudi Jaelani kepada Radar Sukabumi.

Dalam Jamnas, Kontingen Pramuka Spanda akan berkolaborasi dengan anggota Pramuka Putra SMPN 14 Kota Bandung. Rencananya hari ini (24/8), Kontingen Pramuka Jabar akan berangkat menuju Padang. Masih kata Dudi, saat ini delapan anggota pramuka putri melakukan persiapan.

“Persiapannya sudah hampir 80 persen, nantinya mereka akan tampil mewakili Provinsi Jabar di bidang budaya,” terangnya.

Persiapan yang dilakukan meliputi wawasan dan keterampilan kepramukaan. Di Jamnas, mereka akan mengenalkan budaya seperti menampilkan seni tari khas Jabar. Juga dodongkal, sebagai makanan khas Jabar.

“Kontingen SMPN 2 Kota Sukabumi sebagai wakil Jabar juga akan mempromosikan sejumlah potensi, diantaranya mempromosikan tempat-tempat bersejarah yang ada di Jabar,” jelasnya.

Ia berharap, kontingennya dapat mengharumkan nama Kota Sukabumi dan Jabar.”Jambore ini merupakan sarana pembinaan pramuka yang menitikberatkan kepada pengembangan diri peserta yang terdiri dari pengembangan mental, fisik, spiritual dan sosial,” tutupnya.

(wdy)

Tags

Tinggalkan Balasan