Tiga Hari Lagi, Jabar Diprediksi Hujan

Ilustrasi Hujan

JAKARTA – Badai Tropis Bailu terdeteksi berpusar di perairan Filipina di utara Indonesia. Membawa hujan lebat dan gelombang tinggi. Meski demikian, hujan diperkiraka belum akan merata singgah ke Pulau Jawa.

Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) Fachry Rajab mengungkapkan, hanya Jawa Barat (Jabar) yang berpotensi mengalami hujan dalam periode tiga hari kedepan. Sisa Jawa lainnya, Bali dan Nusa Tenggara yang mengalami kekeringan belum akan tersentuh hujan.

Bacaan Lainnya

“Untuk Jawa Barat ada potensi hujan, tapi bukan karena siklon tropis,” katanya pada Jawa Pos kemarin (21/8)
Fachri mengatakan faktor hujan di Jawa Barat lebih disebabkan oleh kondisi geografis lokal dan pertemuan angin di Jawa Barat. “Potensi hujan tinggi di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Untuk Jawa masih kategori sedang,” jelasnya.

BMKG juga mengimbau masyarakat mewaspadai potensi gelombang setinggi 1,25 hingga 6 meter yang berpeluang menjumpai beberapa perairan Indonesia dalam beberapa hari kedepan. Tepatnya mulai 22 hingga 24 Agustus 2019.

Peningkatan gelombang tinggi terjadi karena Terdapat Tropical Storm ( TS ) BAILU di daerah Laut Filipina dengan kecepatan angin maksimum 40 knot bergerak ke arah Barat Laut. Memicu sejumlah daerah belokan angin di Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Timur.

Pergerakan angin wilayah utara ekuator secara umum bergerak dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan 4 – 25 knot. Sedangkan di wilayah selatan ekuator umumnya dari Timur – Tenggara dengan kecepatan 4 – 30 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan Selatan Banten, Selat Makassar bagian Selatan, Sorong – Raja Ampat, Perairan Merauke dan Laut Arafuru. Kondisi ini mengakibatkan peningkatan tinggi gelombang di sekitar wilayah tersebut.

Selain gelombang tinggi, BMKG juga mengeluarkan peringatan hujan lebat, petir dan angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia.

Diantaranya Aceh, Sumatera Utara, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Papua Barat, dan Papua dan Jambi. Hujan dengan angin kencang dan kilat/petir diperkirakan akan terjadi di sebagian Jawa Barat dan Kalimantan Barat. (tau/ttg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *