Pondok PesantrenSUKABUMI

Jamaah Menyemut di Pontren Judatul Uqba

SUKARAJA , RADARSUKABUMI.com – Suasana berbeda terlihat di Pondok Pesantren (Ponpes) Judatul Uqba, Kampung Situmekar, Desa Sukamekar, Kecamatan Sukaraja, kemarin (21/8). Ribuan umat Islam dari berbagai daerah memadati kompleks pondok pesantren ini untuk turut berdoa dalam acara milad ke-III dan haul Ummi Hajah Hasanah, isteri dari pendiri pesantren itu.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, kegiatan doa bersama ini rencananya akan dihadiri oleh Habib Luthfi bin Yahya, Rois Aam Jamiyyah Ahliththoriqoh Al Muktabaroh An Nahdliyah Nahdlatul Ulama. Makanya tak heran, sekitar 15.000 orang dari berbagai daerah memadati Pontren Judatul Uqba tersebut. “Namun Mursyid Habib Luthfi belum bisa datang, beliau masih ada kegiatan di tempat lain yang tidak bisa ditinggalkan,” ujar Ketua Panitia, Aos Pirdaus (45) kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Meskipun ulama kharismatik itu belum bisa hadir, namun acara yang sudah diagendakan sebelumnya itu tetap berlangsung dengan khidmat. Ribuan orang yang hadir turut dalam doa bersama. “Kegiatan ini sudah kami agendakan jauh-jauh hari, dan Alhamdulillah doa bersama dalam rangka milad dan haul iniberjalan dengan lancar penuh khidmat,” imbuhnya.

Aos mengaku, Ponpes Judatul Uqba usianya terbilang masih seumur jagung. Namun demikian, antusias warga yang hendak menimba ilmu sangat baik. “Ponpes ini didirikan pada 2017 lalu dengan luas sekitar 7 hektare. Alhamdulillah berkat kerja keras dan kerjasama dengan semua pihak, Ponpes ini memiliki santri mukim sekitar 700 orang,” imbuhnya.

Dalam haul akbar dan milad ke III Ponpes Judatul Uqba ini, Aos menyebutkan kegiatan diisi dengan berbagai ragam kegiatan. Seperti pengajian, tabligh dan tahlil akbar serta kegiatan keagamaan lainnya. “Saya berharap dengan terselenggaranya kegiatan ini, para jemaah dapat dikuatkan iman, islam, makrifat dan tauhidnya kepada Allah Subhana Wa Ta’ala serta diberikan keberkahan. Intinya, kegiatan ini untuk meningkatkan tali silaturahmi dan menyatukan umat dalam menyiarkan agama Islam,” tandasnya.

Camat Sukaraja, Yudi Mulyadi mengatakan, pihaknya mengapresiasi kegiatan kegiatan yang digelar Ponpes Judatul Uqba itu. Ia pun berjanji akan terus mendukung segala jenis kegiatan keagamaan yang diselenggarakan pihak pesantren. “Kami berharap kiranya masyarakat dapat lebih meningkatkan lagi dan mau menyekolahkan anak-anaknya di Ponpes Judatul Uqba untuk menimba ilmu keagamaan,” pungkasnya.

(Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan