Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

Flyover Lingsel Percepat Perekonomian Warga

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com – Pembangunan Jalan Lingkar Selatan (Lingsel) Segmen 3 di wilayah Kecamatan Cibeureum nampaknya akan kembali dilanjutkan. Dimana sebelumnya, pembangunan segmen 3 itu hanya sampai Wilayah Ciandam Kecamatan Baros.

Pembangunan jalan yang diresmikan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil itu akan dilengkapi dengan jembatan layang (flyover) di atas rel yang bersinggungan dengan Jalan Selakaso Kelurahan Babakan Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi. “Flyover ini nanti untuk memperlancar arus lalu lintas di wilayah Kota Sukabumi,” ujar Emil sapaan akrab Ridwan Kamil disela-sela peresmian jalan tersebut, kemarin (21/8).

Dengan adanya jembatan layang ini kata Emil tidak ada lagi perlintasan sebidang atau jalan kereta api yang bersinggungan dengan jalan raya. Selain itu, untuk keselamatan pengguna jalan yang melintasi rel kereta api. “Ini upaya untuk memberikan rasa yang lebih aman bagi masyarakat Kota Sukabumi dan melancarkan potensi ekonomi di Kota Sukabumi,” jelasnya.

Pembangunan jalan lingkar selatan ini pun merupakan upaya untuk mengurangi kemacetan di dalam kota dengan mengalihkan operasional kendaraan berat ke kalur lingkar selatan. “Disini ada truk penngangkut pasir dan air mineral, sekarang sudah digeser kesini tidak masuk ke jalan Kota Sukabumi. Maka kita pisahkan antara barang dan orang, perekonomian berjalan, kenyamanan masyarakat pun terjaga,” bebernya.

Emil mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menganggarkan dana Rp40 miliar untuk pembangunan jembatan layang ini dengan target pengerjaan selesai pada Desember 2019. “Jadi, awal 2020 sudah bisa digunakan,” katanya.

Pembangunan Jalur Lingkar Selatan sepanjang 19 KM dari Jalan Cibolang Kecamatan Cisaat sampai dengan Kecamatan Sukaralang atau rumah makan saung nikmat dibagai empat segmen. Diantaranya Segmen pertama Jalan Cibolang- Perempatan Jalan Pelabuhan 6.9 Km dan Segmen kedua, Perempatan Jalan Pelabuhan – Perempatan Jalan Baros 2.2 Km, Segmen III Perempatan Jalan Baros – Batas Kota dan Kabupaten , Cikaret 4.4 Km dan Segmen Batas Kota dan Kabupaten , Kebon Karet- Sukalarang, Saung Nikmat, 5.5 km.
Lanjutnya Pemrov Jawa Barat juga akan menganggarkan pembangunan jalan jalur segmen 4. Namun, Emil belum bisa menyembutkan besaran anggarannya. Sebagian segmen 4 memasuki wilayah Kabupaten Sukabumi yang nantinya berakhir di Kecamatan Sukaraja. “Jadi, tahapan berikutnya tahun 2020 jalan jalur full melewati Kota Sukabumi,” imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Sukabumi, Achmad Fahmi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Jabar yang telah membangun jalan layang ini. Tentunya pembangunan ini akan berdampak kepada arus lalu lintas di Kota Sukabumi yang semakin baik tertata dan tertib. ” Kendaraan besar nanti bisa melalui jalan lingsel, sehingga tidak melalui jalur perkotaan,” akunya.

(bal)

Tags

Tinggalkan Balasan