Dinas PertanianSUKABUMI

Durian Musang King Dibudidayakan

CIKAKAK, RADARSUKABUMI.com – Potensi budi daya durian di Kecamatan Cikakak terus dikembangkan dan dibudidayakan. Inilah yang membuat Camat Cikakak, Yanti Budiningsih mengaku bangga atas geliat perkembangan durian Cikakak yang dinilainya sudah terkenal. Rupanya, kata Yanti tidak hanya Durian Gandaria khas budidaya warga Desa Sukamaju yang sudah tersohor dan dikenal masyarakat termasuk wisatawan.

“Masyarakat juga mulai mengembangkan (membudidayakan) durian Musang King dari Malaysia,”katanya saat Radar Sukabumi ke kantor Kecamatan Cikakak beberapa waktu lalu.

Menurut Yanti Durian Musang King yang paling banyak dibudidayakan masyarakat lokasinya ada di Desa Gandasoli. Selain itu, katanya ada juga di Desa Margalaksana, dan Ridogalih. “Hanya sedikit, tapi kalau di Gandasoli sampai hektaran,”katanya. Ia menyebutkan untuk di Desa Gandasoli budidaya durian Musang King ada di Pasir Muncang empat Ha, Gunung Monyet tiga Ha, Gunung Sura 1,5 Ha, dan Sirah Cibodas 10 Ha.

Dirinya menginginkan Kecamatan Cikakak sebagai lokasi pengembangan Agrowisata Durian di Kabupaten Sukabumi. Selain itu, juga berharap agar durian lokal harus mampu bersaing dengan durian impor. Sekadar diketahui, Kecamatan Cikakak dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan Festival Durian Kabupaten Sukabumi, termasuk pada awal Februari 2019.

 

(dit)

Tags

Tinggalkan Balasan