Kecamatan CikoleKOTA SUKABUMI

Bingung Parkir? Dishub Sediakan 40 Lokasi

CIKOLE, RADARSUKABUMI.com– Pasca pemberlakuan larangan dan sanksi parkir sembarangan di Kota Sukabumi, tidak sedikit masyarakat mempertanyakan bahu jalan mana yang bisa digunakan untuk parkir kendaraan. Rupanya, di Kota Sukabumi terdapat 40 titik bahu jalan yang bisa digunakan untuk parkir.

Data yang didapat Radar Sukabumi dari Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, 40 titik tempat parkir yang dikelola Dinas Perhubungan Kota Sukabumi saat ini berada di ruas Jalan Sudirman, A Yani, Gudang, Suryakenacana, Dewi Sartika, IR H Djuanda, RE Martadinata, Perintis Kemerdekaan, Mayawati, Yulius Usman, Arif Rahman Hakim, Lettu Bakri, Pasundan, Kelenteng, Pejagalan, Pelabuhan II, Tipar Gede, Otista, Tembus PJKA, Stasiun Timur, Perniagaan, Kapten Harun Kabir, Ciwangi, Pasar Ciwangi, Pasar Wetan, Pasar Degung, Brawijaya, Salabintana, Cikole Dalam, Rumah Sakit Belakang, Pabuaran, Zaenal Zakse, Tekwat, Stasiun Barat, Moch Obing, Kartini, Sriwijaya dan Jalan Masjid.

Kepala Unit Pelaksana Tugas (UPT) Parkir, Dinas Perhubungan Kota Sukabumi, Rudi Hartono mengungkapkan, dalam setiap titik bahu jalan yang bisa digunakan untuk parkir, secara otomatis di sebrang bahu jalannya merupakan larangan parkir. “Saat ini yang kami kelola, ada sekitar 40 titik parkir yang terdapat di bahu jalan, jadi bila pengendara bingung harus parkir dimana, bisa menggunakan titik-titik yang telah ditentukan itu,” ungkap Rudi kepada Radar Sukabumi, kemarin (21/8).

Setiap titik parkir yang telah ditentukan itu, dilengkapi juru parkir yang khusus di bina oleh Dinas Perhubungan Kota Sukabumi. Selain itu, untuk memastikan fungsi jalan tetap berjalan dengan baik, petugas terus melakukan pemantauan. “Tentunya, walaupun sebagian bahu jalan digunakan parkir, fungsi jalan tetap dijaga agar tidak terlalu menggangu arus lalu lintas, petugas pun secara rutin melakukan pemantauan,” terangnya.

Tidak hanya itu, untuk area parkir off the street juga terus dipersiapkan oleh Dinas Perhubungan, salah satunya dengan perencanaan pembangunan gedung parkir di Kota Sukabumi. “Bukan hanya parkir on the street, parkir off the street pun sedang kami gagas untuk ketertiban arus lalu lintas di Kota Sukabumi,” ujarnya.

Perbaikan pelayanan dan fasilitas parkir, sambung Rudi, terus dilakukannya. Baik itu bagi para juru parkirnya, maupun bagi para pengendara yang memarkirkan kendaraannya. “Semua juru parkir yang kami bina ada sekitar 300 orang, kedepan dibeberapa ruas jalan bakal ada inovasi-inovasi tentang perparkiran,” tutupnya.

Sementara itu, Hermawan salah seorang pengguna jalan meminta, Pemerintah Kota Sukabumi, khususnya Dinas Perhubungan Kota Sukabumi dapat menyediakan lahan parkir yang representatif. “Kalau bisa sih, saat aturan dan sanksi hukumnya diberlakukan, pemerintah juga menyediakan lahan parkir yang nyaman,” pungkasnya.

(upi/t)

Tags

Tinggalkan Balasan