KABUPATEN SUKABUMI

5.000 Liter Air Bersih Disalurkan

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi kembali mendistribusikan air bersih ke wilayah yang kesulitan air bersih akibat terdampak kekeringan musim kemarau. Kemarin, 5.000 liter air disalurkan ke Kampung Cimanggu, RT3/1, Desa Titisan, Kecamatan Sukalarang.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna mengatakan, penyaluran air bersih ini karena selama musim kemarau, kampung tersebut mengalami kesulitan air bersih akibat dampak dari kekeringan. Adapun jumlah warga yang mendapatkan pasokan air bersih ini ialah sebanyak 130 Kepala Keluaga (KK) dengan 400 jiwa. “Pelaporannya sudah masuk, makanya hari ini kami distribusikan air bersih untuk membantu warga di sana,” kata Daeng kepada Radar Sukabumi, kemarin (21/8).

Menurut Daeng, selama musim kemarau berlangsung, Kampung Cimanggu ini selalu mengalami kekeringan. Pasalnya, sumber air di wilayah ini mengering. “Memang saat ini ada air di sana, tapi kualitasnya tidak bagus. Kondisinya keruh dan tidak laik digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Dalam pendistribusian ini, kami berkoodinasi dengan PDAM,” ujarnya.

Daeng mengklaim, upaya penanggulangan bencana kekeringan ini dilakukan BPBD sejak dini. Apalagi informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kemarau pada tahun ini diperkirakan akan terjadi sampai akhir Oktober mendatang. “Distribusi air bersih ini disesuaikan dengan permintaan dari pihak desa. Namun dalam penyalurannya, kami mendahulukan daerah yang paling parah mengalami kekeringan,” tambahnya.

Dalam menghadapi musim kemarau ini, BPBD Kabupaten Sukabumi menyiapkan tujuh unit armada untuk keperluan menyuplai air bersih ke sejumlah daerah yang sangat rawan terjadi kekeringan. “Untuk siaga darurat kekeringan, kami juga menyiapkan bantuan pipanisasi bagi warga yang mengalami krisis air bersih, dengan syarat di wilayah pemukimannya harus terdapat mata air,” pungkasnya.

 

 

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan