Gempa Bumi Berkekuatan 3,9 Guncang Sukabumi Lagi

Gempa bumi di Sukabumi pada Rabu (21/8/2019)

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Gempa bumi dengan magnitudo 3,9 mengguncang Sukabumi pada hari ini, Rabu (21/8/2019).

Berdasarkan informasi dari BMKG, pusat gempa bumi di Sukabumi berada di titik koordinat 6.77 LS (Lintang Selatan), 106.52 BT (Bujur Timur).

Bacaan Lainnya

Episentrum berada di darat 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi Jawa Barat dengan kedalaman 9 km. Gempa dirasakan (MMI) III Sukabumi pada pukul 03:16:16 WIB.

Gempa ini diduga terpicu akibat aktivitas Sesar Citarik dengan kedalaman 1 kilometer.

“Pusat gempa bumi terletak pada koordinat 6.77 LS – 106.52 BT, tepatnya berada di darat pada jarak 24 km Barat Laut Kabupaten Sukabumi dengan kedalaman satu kilometer dan tak berpotensi tsunami,” kata Kepala Bidang Pusat Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, Tiar Prasetya, seperti diberitakan Antaranews.

Gempa tektonik dangkal tersebut berdasarkan laporan dari masyarakat dan peta tingkat guncangan BMKG, guncangannya dirasakan di wilayah Bogor dan Sukabumi dengan Skala Intensitas II – III MMI.

Skala II MMI yaitu getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI getaran dirasakan di dalam rumah. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Berdasarkan monitoring BMKG terhitung sejak 10 Agustus 2019 ada 43 kali gempa pendahuluan yang terjadi di wilayah tersebut, dan menunjukkan tiga aktivitas gempabumi susulan (aftershock).

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi dari BMKG, karena BMKG akan terus memantau perkembangan gempa bumi tersebut,” tandasnya.

(int/izo/rs)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *