Pemkab SukabumiSUKABUMI

Siskeudes, Sukabumi Jadi Percontohan

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi mendapat penghormatan ditatanan pemerintah tingkat pusat. Kabupaten yang dipimpin Marwan Hamami – Adjo Sardjono ini mewakili pemerintah daerah se-Indonesia pada acara peluncuran interkoneksi Online Monitoring Sistem Pembendaharaan dan Anggaran Negara (Omspan), Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) dan Sistem Koordinasi Pembangunan Desa, di Jakarta, kemarin (19/08).

Ditunjuknya Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam acara ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah pusat melalui Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia ( Kemenko PMK-RI). Pasalnya, Kabupaten Sukabumi dinilai telah sukses menjalankan program Siskeudes dalam hal pelaporan keuangan ditingkat desa dan laik menjadi daerah percontohan.

“Aplikasi ini merupakan penyederhanaan dalam proses pelaporan dan pertanggung jawaban anggaran desa. Kami apresiasi atas apa yang telah dijalankan Pemkab Sukabumi ini,” ujar Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kawasan, Sonny Harry B. Harmadi.

Dengan adanya aplikasi Siskeudes ini, Sonny menjelaskan perlu dilakukan interkoneksi. Sehingga nantinya, aplikasi Omspan dan Siskeudes menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan. “Makanya hari ini, dua aplikasi yang sudah ada ini kita interkoneksikan,” singkatnya.

Sementara itu, Bupati Sukabumi, Marwan Hamami menjelaskan, Pemkab Sukabumi telah menjalankan sistem aplikasi Siskeudes dalam hal pelaporan keuangan tingkat desa ini. Ia mengaku, dalam menjalankan program ini berbagai kendala dihadapi, terlebih Kabupaten Sukabumi merupakan kabupaten terluas di Jawa Barat, yang tentunya jumlah desa pun tidak sedikit.

“Keberhasilan pembangunan saat ini bukan tanpa perjuangan, perlu ikhtiar yang sangat tinggi. Oleh karenanya, dalam mendukung program ini, diperlukan SDM yang kompeten serta dukungan sarana teknologi informasi yang memadai. Ini tentunya sejalan dengan filosofi aplikasi Siskeudes,” timpalnya.

Selain itu, inovasi dan fasilitasi lainnya untuk mendukung percepatan pembangunan juga dilakukan Pemerintah Kabupaten Sukabumi. Seperti dengan membentuk klinik keuangan desa, adanya forum konsultasi dan juga tersedianya aplikasi sistem informasi monitoring keuangan desa (Simondes). “Dengan upaya yang telah kami lakukan itu, Alhamdulillah pembangunan di Kabupaten Sukabumi mengalami peningkatan yang signifikan. Dari 35 persen, kini naik menjadi 80 persen,” akunya.

 

(ren)

Tags

Tinggalkan Balasan