Dua Inovasi Bersaing ke Jatim

DIMAS MAULANA/JAWA POS KREATIF: Postwec karya mahasiswa Sidoarjo yang harganya lebih murah.

SIDOARJO, RADARSUKABUMI.com – Dua inovasi karya anak Sidoarjo ini berhasil masuk lima besar se-Jawa Timur. Dalam kompetisi Inotek Award 2019, Badan Penelitian danPengembangan Jawa Timur (Balitbang Jatim) akan memilih tiga inovasi terbaik.Inovasi pertama adalah pemantau tekanan darah, saturasi oksigen dalam darah, dan detak jantung manusia berbasis internet. Alatnya hanya sebesar dua

tumpukan bungkus rokok. Alat itu dibuat Yusfifal Kamaruddin, Mohammad Alfian, dan Abdullah Mubarak.Cara kerjanya, jari cukup ditempelkan di titik tertentu. Ditunggu sekitar satu menit. Layar alat tersebut sudah berhasil menunjukkan tekanan darah, saturasioksigen, dan detak jantung. ’’Ketiganya langsung diketahui sekaligus,’’ ucap Yusfifal.Alat itu juga sudah terintegrasi dengan smartphone sehingga mempermudah pemantauan kesehatan secara real time. ’’Tidak perlu menggunakan alat yang ribet,’’ katanya.

Akurasinya cukup tinggi. Mencapai 90 persen. ’’Simpel kayak orang presensi dengan sidik jari, cukup tempel,’’ ujar Eko Agus, pembimbing mereka.Inovasi kedua bernama Postwec. Kependekan dari power stand-up electric wheelchair. Atau, kursi roda elektrik yang bisa membuat pemakainya mampu berdiri. Kursi tersebut merupakan karya sembilan pemuda Sidoarjo dari berbagai kampus. Memang di pasaran sudah ada kursi roda elektrik. Namun, kursi karya mereka berbeda. ’’Kami pakai aki, bisa di-charge, dan terhubung ke internet,’’ ungkapnya.

Kursi itu bisa dikendalikan secara jarak jauh. Mirip mobil remote control. ’’Fokusnya untuk orang-orang lanjut usia,’’ kata Ahmad Habib Almutawakkil, ketua tim.Yang juga berbeda adalah harganya. Kursi roda elektrik di pasaran dijual Rp100 jutaan. Kalau jadi, harga kursi roda karya mahasiswa tersebut hanya Rp 8 juta. ’’Sudah tentu lebih murah,’’ tuturnya. Pekan ini tim juri menilai dua inovasi tersebut.

 

(uzi/c14/roz)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *