SUKABUMI

Pokmaswas Kibarkan Bendera di Dasar Laut

CIRACAP, RADARSUKABUMI.com – Ada cara unik kelompok masyarakat memperingat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia tahu ini. Seperti Kelompok Masyarakat Pengawas (Pokmaswas) Genteng Nusantara. Kelompok ini lebih memilih mengibarkan bendera merah putih di dasar laut, tepatnya di Pantai Cikepuh, Desa Gunungbatu, Kecamatan Ciracap. Bahkan komunitas ini mengisi hari kemerdekaan ini juga dengan menanam 1.945 pohon mangroove dan puluhan terumbu karang.

Bendahara Pokmaswas Genteng Nusantara, Nana Septiansyah mengatakan, pengibaran bendera merah putih di dasar laut ini pada kedalaman 20 meter. Tujuannya selain untuk memperingati HUT RI, juga untuk menggelorakan semangat nasionalisme seluruh warga agar selalu mencintai dan melestarikan alam baik yang berada di bawah laut maupun di alam terbuka. “Di dasar laut juga kami menanam 74 terumbu karang disertai dengan media tanam dengan spesies akropora dan ribuan pohon mangroove di pesisir pantai,” jelas Nana kepada Radar Sukabumi melalui telepon selulernya, kemarin (18/8).

Menurut Nana, pengibaran bendera di dasar laut memiliki tantangan cukup berat, terutama saat terjadi arus kuat. Namun dengan semangat kebersamaan yang tinggi, dua orang penyelam akhirnya berhasil melaksanakan pengibaran bendera dengan tenang dan aman. “Alhamdulillah berhasil dengan baik,” tandasnya.

Koordinator Wilayah Kelompok Penggerak Pariwisata (Kompepar) Pajampangan Wisata Alam Sukabumi, Asep Hidayat mengapresiasi kegiatan pengibaran bendera yang dilakukan Pokmaswas tesebut. “Kami berharap kegiatan ini dilakukan secara kesinambungan, khususnya pada penanaman pohon mangroove dan tranaplantasi terumbu karang. Sebab kegiatan ini dapat menjaga ekosistem laut,” katanya.

Keindahan panorama alam di dasar laut maupun alam terbuka yang ada di kawasan Geopark Ciletuh Palabuhanratu, dapat menarik perhatian para wisatawan baik lokal maupun asing. “Mari kita bekerjasama memelihara keindahan alam ini agar kelestariannya tetap terjaga,” singkatnya.

 

(Den/d)

Tags

Tinggalkan Balasan