Jokowi Butuh Dukungan Golkar

JAKARTA, RADARSUKABUMI.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentu tidak mau mengambil resiko kerusakan hubungan dengan Partai Golkar. Atas dasar itu, Jokowi lebih nyaman jika Airlangga Hartarto yang memimpin Golkar karena terbukti loyal mendukung pemerintah selama ini. Setidaknya demikian pandangan yang disampaikan pengamat sosial politik Universitas Muhammadiyah Malang, Ahmad Habib, kepada Kantor Berita Politik RMOL (Grup koran ini), Minggu (18/8). “Jika Jokowi berjarak dengan Airlangga, maka akan menerima kerugian,” jelas Habib.

Di tengah pertarungan perebutan kursi ketua umum Partai Golkar, para kandidat saling berebut klaim didukung Jokowi. Sebagian kalangan menyebut Jokowi dukung Airlangga. Sisi lain, kubu Bambang Soesatyo juga mengklaim mendapat dukungan Jokowi.

Bacaan Lainnya

Presiden Jokowi sendiri tidak pernah secara eksplisit menunjukkan dukungan kepada salah satu kandidat Ketum Golkar. Dia bahkan menyatakan, tidak bakal ikut campur urusan pemilihan Ketum itu. Namun demikian, tak bisa dipungkiri, bahwa sosok pimpinan Golkar mendatang akan turut mempengaruhi stabilitas pemerintah Jokowi pada periode kedua nanti.

Habib mengatakan, Golkar merupakan partai penting yang diharapkan Jokowi, selain PDIP untuk menopang dukungan dalam menjalankan pemerintahan ke depan. “Jokowi butuh dukungan dari parpol lain selain partai asalnya, PDIP,” tutup Habib.

 

(jpg)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *