Politik Kabupaten SukabumiSUKABUMI

Baldatun ‘Memerdekakan’ Anak Yatim

SUKABUMI – Banyak cara masyarakat dalam mengisi Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 RI di Kabupaten Sukabumi, kemarin. Salah satunya dilakukan oleh Balad Ade Dasep Siap Turun (baldatun) Center yang mengadakan lomba agustusan khusus anak yatim piatu yang belum aqil baligh binaan. Kegiatan yang digelar di Saung Pergerakan Baldatun dihadiri oleh perwakilan anak yatim berlangsung meriah.

Mulai dari lomba makan krupuk, memasukan paku dalam botol dan lomba lainnya digelar dengan penuh keceriaan. Pendiri dan Penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin mengatakan, kegiatan seperti ini merupakan kegiatan rutin diadakan setiap tahunnya. Tujuannya, untuk memberikan kegembiraan kepada anak yatim belum aqil baligh binaan pada saat memeriahkan kemerdekaan RI yang ke 74 ini.

“Ya, mereka bahagia. Bisa dong Baldatun ‘Memerdekakan’ Anak yatim agar mereka juga ikut ceria saat perayaan Hut RI, seperti anak-anak lainnya, “jelas Ade Dasep dalam pesan singkatnya, kemarin (18/8).

Selain itu juga, kegiatan ini sebagai salah satu bentuk rasa syukur kepada Tuhan YME serta mengisi Kemerdekaan RI yang sudah menginjak 74 tahun ini. “Alhamdulilah acara kita hari ini, berlangsung ceria dan bahagia. Beberapa Anak yatim binaan yang datang terlihat ikut dan gembira. Mereka harus dimuliakan, jangan sampai anak yatim di Kabupaten Sukabumi, khususnya di Dapil III tidak merdeka dalam tanda kutif, “terangnya.

Sebelumnya, baldatun tak hanya kegiatan seremonial saja untuk peduli kepada anak yatim, tetapi lebih kepada program yang terstruktur dan berkelanjutan dengan mengagendakan program beasiswa pendidikan dan kesehatan bagi anak yatim binaan yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) III dengan total beasiswa Rp1.7 Juta per anak yatim yang belum aqil baligh.

Menurutnya, program tersebut kemungkinan akan mulai dilaksanakan setelah Baldatun Center merayakan Ulang Tahun yang ke-IV pada Februari tahun depan.

“Rencanya program beasiswa ini akan mulai dilaksanakan setelah Baldatun merayakan ulang tahun, dan mudah-mudahan program ini didukung oleh pak Marwan sebagai bupati,”jelasnya.
Sementara itu ditempat terpisah, salah satu anak yatim binaan baldatun Ratu Aulia (10) yang merupakan warga Kampung Bantarmuncang Desa Sekarwangi Kecamatan Cibadak Kabupaten Sukabumi mengatakan, merasa senang dan bangga dengan sudah mengikuti beberapa perlombaan yang diadakan oleh Baldatun Center ini.

“Ya senang, pastinya. Tadi saya ikut lomba makan krupuk, alhamdulilah menang. Tapi kalau gak menang juga, gak apa-apa yang penting ikut saja seru bersama teman-teman lain berkumpul, “terangnya.

Lebih lanjut anak yang masih duduk di Bangku Sekolah ini mengatakan, setiap tahun dirinya suka ikut dalam kegiatan seperti ini. Bahkan setiap ada kegiatan yang dilakukan Baldatun Center dirinya selalu datang. “Suka datang kalau diundang, dari pada dirumah.

Karena saya kan salah satu anak binaan anak yatim Baldatun Center. Sudah pasti bahagia, dan saya juga mengucapkan terima kasih ke Pak Ade (pendiri Baldatun red) semoga kedepan baldatun lebih besar lagi dan maju, “tukasnya. (hnd/adv)

Tags

Tinggalkan Balasan