Kecamatan WarudoyongKOTA SUKABUMI

RAI HG Ajak Warga Nonton Wayang Golek

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com – Memperingati Hari Kemerdekaan ke 74 tahun, Rumah Aspirasi dan Insipirasi Heri Gunawan ( RAI – HG) mengadakan pesta rakyat. Kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada Minggu (18/8) di Rumah Aspirasi dan Inspirasi HG di Jalan Arif Rahman Hakim , Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi. “Iya kita akan gelar acara pesta rakyat dengan menampilkan sejumlah kegiatan salah satunya Wayang Golek,” ujar Anggota DPR RI Heri Gunawan, kemarin (15/8).

Pagelaran seni budaya wayang golek ini bisa dikatakan sudah dilupakan oleh masyarakat terutama pada kaum milenial. Padahal wayang golek ini merupakan warisan budaya masyarakat sunda yang harus dilestarikan. ” Kita ingin Pagelaran seni budaya wayang golek ini terus terlestarikan dan anak – anak jaman sekarang tidak melupakannya,” ujarnya.

Ditambahkannya Kesenian wayang golek saat ini memang lebih dominan sebagai seni pertunjukan rakyat dan memiliki fungsi yang relevan dengan kebutuhan-kebutuhan masyarakat lingkungannya. Ketika di masyarakat ada perayaan, baik hajatan maupun pernikahan ataupun acara lainnya biasanya pagelaran wayang golek akan ditampikan sebagai sarana hiburan rakyat. ” Apalagi kita adakan di wilayah kota, Kami yakin masyarakat merindukan acara seperti ini. Dalangnya Mahenda Wijaya,” jelasnya.

Selain itu pertunjukam wayang nantinya akan dikolaborasikan juga dengan penampilan band yang diisi oleh band – band kaum milenial Sukabumi. ” Kita kolaborasikan juga antara seni sunda wayang golek dan juga seni modern yakni band,” ungkapnya.
Bahkan RAI HG pun memberikan sajian makanan dan jajanan rakyat yang nanti akan disediakan gratis kepada masyarakat. ” Masyarakat tinggal hadir dan kami sediakan makanan juga. Acaranya pasti seru deh,” pungkasnya.

(Bal)

Tags

Tinggalkan Balasan