4.000 Linmas Disiapkan

BIMTEK: Anggota Linmas saat mengikuti Bimtek persiapan pelaksanaan Pilkades serentak di Kantor Satpol PP kabupten Sukabumi.

SUKABUMI, RADARSUIKABUMI.com – Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan menerjunkan 4.000 personel Pelindung Masyarakat (Linmas) untuk menjaga ketertiban pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada 17 November mendatang.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabuapten Sukabumi, Acep Saefudin mengatakan, berdasarkan data yang tercatat, saat ini terdapat 15.000 anggota Linmas diseluruh wilayah Kabupaten Sukabumi. “Dari jumlah ini, hanya 4.000 anggota yang akan kami terjunkan untuk membantu pihak kepolisian dalam pelaksaan Pilkades nanti,” jelas Acep kepada Radar Sukabumi, kemarin (15/8).

Bacaan Lainnya

Anggota Linmas ini, sambung Acep, akan ditugaskan untuk mengamankan Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pesta demokrasi nanti. “Rata-rata mereka berumur 40 tahun ke atas, namun demikian mereka tidak boleh diremehkan semangatnya dalam menjalankan tugas,” imbuhnya.

Menurut Acep, peran Linmas dalam pelaksanaan Pilakdes sangatlah penting. Mereka merupakan ujung tombak pemerintah yang berhubungan langsung dengan warga. “Anggota Linmas ini memiliki peran sterategis dan harus dijalankan dalam menjaga dan menciptakan ketentraman masyarakat terutama pada pelaksanaan Pilkades nanti,” tandasanya.

Untuk mendukung tugas Linmas, Satpol PP Kabupaten Sukabumi akan terus memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada anggota Linmas. Ini merupakan salah satu upaya agar dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) mereka bisa berperan aktif dalam mensukseskan Pilkades. Sehingga pelaksanaanya bisa berjalan tertib, aman, jujur dan adil. “Seluruh anggota Linmas diminta netral selama proses Pilkades nanti. Bila terdapat anggota Linmas yang terlibat menjadi tim sukses, maka harus mengajukan cuti terlebih dahulu,” bebernya.

Sementara itu, Kapolres Sukabumi, AKBP Nasriadi mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkades nanti, pihak kepolisian bekerjasama dengan TNI, Satpol PP dan anggota Linmas. Ini agar pelaksanaan Pilkades dapat berjalan lancar tanpa ada kendala apapun. “Nantinya mereka ini akan bersama-sama bertugas untuk mengamankan dan menjaga kondusifitas wilayah saat pelaksanaan Pilkdes,” katanya.

Ia pun mengajak kepada seluruh anggota Linmas agar bisa menjaga solidaritas dan integritas dengan anggota Polri dan TNI yang bertugas di TPS. “Jika nanti terjadi kendala dan kesulitan di lapangan, disarankan agar segera melaporkan kepada pimpinan untuk segera mendapatkan petunjuk dan arahan lebih lanjut,” pungkasnya.

(Den/d)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *