BPJS KetenagakerjaanEKONOMI

Non ASN Wajib Jadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Gandeng Pemkab Sukabumi Sosialisasi Perbup No.9 Tahun 2019

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi menyelenggarakan sosialisasi terkait Peraturan Bupati (Perbup) No.9 Tahun 2019 tentang Peningkatan Kepesertaan dan Kepatuhan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan di Wilayah Kabupaten Sukabumi di Pendopo Kabupaten Sukabumi, Jalan Ahmad Yani Kota Sukabumi, Selasa (13/8).

Perbup tersebut tidak hanya mengikat kepada perusahaan yang menjalankan aktivitas di Kabupaten Sukabumi, tapi juga berlaku untuk seluruh pegawai non ASN di lingkungan Pemkab Sukabumi, termasuk kecamatan, kelurahan, RW dan RT. Sosialisasi yang digelar di Pendopo Kabupaten Sukabumi dihadiri SKPD dan para camat se-Kabupaten Sukabumi, dibuka Wakil Bupati Sukabumi, Adjo Sardjono.

Pada sambutannya, Wakil Bupati Sukabumi Adjo Sardjono menerangkan, ingin seluruh tenaga kerja segera terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

“Sehingga, seluruh tenaga kerja baik non ASN, perangkat desa, tenaga kerja konstruksi, tenaga kerja swasta, tenaga kerja asing, buruh pabrik nyaman dalam bekerja, dan juga tenang meninggalkan keluarganya di rumah,” ujarnya.

“Hingga saat ini tercatat sebanyak 346 desa yang ikut dalam BPJS Ketenagakerjaan (TK). Kalau berdasarkan catatan yang sudah terdaftar 1.710 non ASN dari 12.700 non ASN yang ada di Kabupaten Sukabumi,” lanjut Adjo.

Sesuai dengan Misi Kabupaten Sukabumi meningkatkan kemandirian ekonomi masyarakat berbasis potensi ekonomi lokal melalui sektor agribisnis, pariwisata, dan industri berwawasan lingkungan, mewujudkan sumberdaya manusia yang berdaya saing dan religius, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan profesional, optimalisasi pelayanan kesehatan, pendidikan dan infrastruktur daerah.

“Terakhir saya minta kepada seluruh non ASN yang ada di OPD, kecamatan, kelurahan, RW, RT, proyek-proyek jasa konstruksi, perusahaan swasta, koperasi, UKM, dan lain lain. Tak lupa juga untuk Tenaga Kerja Asing (TKA), segera terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, serta menjadikan syarat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam pengurusan seluruh perizinan, sesuai dengan Peraturan Bupati Sukabumi Nomor 9 Tahun 2019,” tutup Adjo pada sambutannya.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Sukabumi Emir Syarif Ismel mengatakan, sangat mengapresiasi dukungan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sukabumi dan jajaran.

“Dengan diadakannya sosialisasi Perbup No.9 ini, kami harapkan ke depan seluruh non ASN yang ada di OPD, kecamatan, kelurahan, RW, RT segera terdaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan, sehingga non ASN maupun tenaga kerja yang ada di Kabupaten Sukabumi dapat bekerja dengan nyaman,” tutur Emir.

Menurutnya, sosialisasi Perbup ini bentuk dukungan dari Pemkab Sukabumi bagaimana seluruh pelaku usaha berikut jajaran pemkab sendiri memiliki semangat yang sama. Yaitu perlindungan dan jaminan sosial terhadap para pekerja, mulai dari berangkat kerja sampai perjalanan kembali ke rumah.

“Kami juga akan terus berkoordinasi dan komunikasi sesuai arahan Pak Wabup dengan seluruh OPD,” tutup Emir.

 

(*/adv)

Tags

Tinggalkan Balasan