Pemkab SukabumiSUKABUMI

Bupati ‘Warning’ Panitia Pilkades

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Hingga saat ini, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi memaksimalkan kapasitas panitia pemilihan kepala desa. Kemarin, panitia Pilkades angkatan ke-25 digembleng agar memahami tugasnya dalam perhelatan demokrasi lima tahunan itu di salah satu hotel kawasan Selabintana, Kecamatan Sukabumi.

Bimtek angkatan ke-25 ini dibuka langsung oleh Bupati Sukabumi, Marwan Hamami dan diikuti oleh 110 peserta dari 10 desa yang ada di Kecamatan Cisaat dan Gunungguruh. Dengan dilaksanakan Bimtek ini, orang nomor satu di Kabupaten Sukabumi itu menegaskan supaya pelaksanaan Pilades berjalan dengan lancar. “Yang penting itu tidak hanya lancar dan aman, melainkan juga bisa melahirkan kepala desa yang berkualitas,” ujar Marwan Hamami kepada Radar Sukabumi, kemarin.

Marwan mengingatkan, tugas panitia Pilkades sungguh berat dan tentunya tidak mudah. Dalam pelaksanannya dibutuhkan ketelitian dalam hal administrasi dan juga keberanian dalam memutuskan untuk pertanggungjawaban. “Panitia Pilkades ini harus dimotivasi agar muncul rasa percaya diri sebagai panitia. Tentunya dalam menjalankan tugas dan kewajibannya, mereka harus menjunjung tinggi netralitas, on the right track sesuai aturan sehingga dalam pelaksanaannya berjalan aman dan lancar,” jelasnya.

Selain itu, Marwan juga mengingatkan agar panitia Pilkades lebih mencermati para calon kepala desa. Semua persyaratan yang telah ditentukan, harus dipenuhi secara keseluruhan. “Dan kepada calon kepala desa, saya ingatkan supaya punya program yang bisa menguntungkan warga masyarakat dan mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi informasi. Jangan ada kepentingan untuk pribadi ataupun menguntungkan golongan tertentu,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala DPMD, Thendy Hendrayana menegaskan, dengan dilaksanakannya Bimtek pada panitia Pilkades ini, ia yakin pelaksanaan Pilkades nanti berjalan dengan aman dan lancar. “Mari kita sukseskan Pilkades ini. Semoga kedepan bisa menghasilkan kepala desa yang berkualitas,” tandasnya singkat.

 

(ren)

Tags

Tinggalkan Balasan