KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Baznas Maksimalkan Peran UPZ

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Memaksimalkan pendapatan zakat, infak dan sedekah (ZIS), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, memberikan Bimbingan Teknis (Bimtek) kepada Unit Pelayanan Zakat (UPZ) di lingkungan lembaga keagamaan program. Tujuannya untuk menambah wawasan mereka dalam upaya meningkatkan penghasilan ZIS.

Wakil Ketua II Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan Baznas Kabupaten Sukabumi, Endin Badrudin mengatakan, ada 12 lembaga keagamaan yang mengikuti Bimtek. “Bimtek ini untuk menambah wawasan para UPZ di lembaga keagamaan untuk mengenal regulasi dan bagaimana cara pengumpulan, pendistribusian, pendayagunaan dan membuat laporan,” kata Endin saat disambangi Radar Sukabumi di ruang kerjanya, kemarin (14/8).

Dengan begitu, lanjut Endin, setiap lembaga keagamaan bisa kembali membentuk UPZ di dalam lingkungannya. Dengan begitu, maka dapat meningkatkan pengumpulan ZIS. “Selain itu juga setiap UPZ tentunya harus melaporkan dan menyetorkan hasilnya ke Baznas sebesar 25 persen.

Sedangkan sisanya bisa dikelola dan didistribusikan oleh setiap lembaga keagamaan,” ujarnya.
Disinggung soal program unggulan Baznas Kabupaten Sukabumi, Endin menjelaskan, terdapat lima program unggulan yakni Sukabumi Takwa, Sukabumi Cerdas, Sukabumi Sehat, Sukabumi Sejahtra dan Sukabumi Peduli. “Ini menjadi program kerja Baznas pada periode ini. Untuk Sukabumi Takwa seperti dengan memberikan bantuan kepada MDTA dan gurunya dan program Sukabumi Cerdas salah satunya dengan memberikan beasiswa,” jelasnya.

Ada beberapa persyaratan untuk mendapatkan beasiswa bagi mahasiswa, diantaranya membawa keterangan kuliah di kampus, Kartu Keluarga (KK), KTP, Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari desa, membuat pernyataan tidak merokok, hafal Alquan Juz ke-30 dan seleksi akademis. “Apabila persyaratanya sudah lengkap, maka kita akan tindak lanjuti dan memberikan beasiswa,” pungkasnya.

(bam/d)

Tags

Tinggalkan Balasan