KABUPATEN SUKABUMISUKABUMI

Lahan Terbuka Terbakar

PALABUHANRATU, RADARSUKABUMI.com – Lahan terbuka di Kampung Cipatuguran Neglasari, RT 08/03, Kelurahan/Kecamatan Palabuhanratu dilahap si jago merah, sekira pukul 18.30 WIB. Dugaan sementara, penyebab kebakaran adalah puntung rokok yang dibuang orang tidak bertanggung jawab.

Informasi yang dihimpun Radar Sukabumi, sekitar 1.500 meter persegi lahan terbuka ini hangus terbakar. Untuk meredam amukan si jago merah ini, Dinas Pemadam Kebakaran menerjunkan dua unit mobil ke lokasi kejadian. “Lokasinya tidak jauh dari pemukiman warga.

Makanya sesaat setelah menerima laporan, kami langsung terjunkan dua unit mobil pemadam kebakaran,” ujar Kepala Regu Pos Pemadam Kebakaran Palabuhanratu, Iwan Ahmad Aji Gunawan kepada awak media, petang kemarin.

Berdasarkan pemeriksaan di lokasi, lanjut Iwan, dugaan kuat kebakaran hebat ini akibat puntung rokok yang masih menyala dan dibuang sembarangan oleh orang yang tidak bertanggung jawab saat melintas. Api cepat membesar lantaran tiupan angin dan juga ilalang kering di lokasi kejadian.

“Alhamdulillahnya tidak sampai ada korban jiwa. Hanya lahan saja yang terbakar sekitar 1.500 meter,” imbuhnya.

Iwan mengaku sempat khawatir bila amukan si jago merah bila tidak segera dipadamkan. Pasalnya, jarak lokasi kebakaran dengan pemukiman warga hanya sekitar enam sampai 10 meter. “Untungnya terhalang jalan gang umum yang biasa dilintasi warga Cipatugaran-Neglasari. Sehingga api bisa lebih dulu dipadamkan,” tandasnya.

Warga sekitar, Ridwan (40) menambahkan, karena khawatir api merembet ke pemukiman, warga sekitar pun turut membantu petugas saat memadamkan api. Alhasil, hanya sekira 30 menit api berhasil dipadamkan. “Kami hanya ikut membantu saja. Karena khwatir api merembet ke rumah. Alhamdulillah tidak lama api berhasil padam,” singkatnya.

 

(den)

Tags

Tinggalkan Balasan