Bencana Alam KabSUKABUMI

Ledakan Tambang, Rumah Warga Leuwinding Sukabumi Retak

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Ledakan tambang di kawasan karst, Gunung Guha, diduga menjadi penyebab dinding dan lantai rumah warga Kampung Leuwinding, Desa Tanjungsari, Jampangtengah, Kabupaten Sukabumi retak. Hal inipun dikeluhkan oleh masyarakat.

Abdul Majid, salah seorang tokoh masyarakat setempat mengatakan, keretakan di beberapa ruangan rumah permanen miliknya. Beberapa di antara retakan itu telah diperbaiki sebagai bentuk kompensasi dari PT Tambang Semen Sukabumi (TSS).

“Ledakan membuat dinding rumah warga bergetar, lalu muncul retakan. Setiap meledak retakan bertambah luas dan lebar. Hasil (perbaikan) seperti ini, kesannya asal-asalan karena terbatas. Dak beton di atas juga sama retak, penggantian tidak sesuai dengan kerusakan,” ujarnya dilansir dari detikcom, Senin (12/8/2019).

Dia juga mengatakan, ada sejumlah rumah warga lainnya yang mengalami hal serupa. Warga tak diam, mereka berulangkali melakukan aksi protes ke lokasi tambang.

“Sudah beberapa kali kami memprotes peledakan tersebut, namun seperti tidak digubris. Kami tidak akan berhenti melakukan aksi sampai peledakan itu dievaluasi atau bahkan kalau perlu dihentikan. Makanya ketika kepolisian mau melakukan penyelidikan, warga mendukung,” tutur Majid.

(int/izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan

Check Also

Close