KOTA SUKABUMI

Daerah Perbatasan Rawan Kebakaran Lahan

CIKOLE – Potensi kebakaran hutan pada musik kemarau panjang ini rupanya tidak hanya menghantui wilayah Kabupaten Sukabumi. Kota Sukabumi pun memiliki lahan yang berpotensi terjadinya kebakaran lahan.

Hal itu, diungkapkan Kepala Seksi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi. Potensi ancaman kebakaran lahan di Kota Sukabumi tersebar dibeberapa wilayah.

“Potensinya itu tersebar antara lain di kerkof Kecamatan Citamiang, kibitay di Kecamatan Lembursitu, Karang Tengah, Baros , subangjaya, dan wilayah-wilayah perbatasan Kota dan Kabupaten Sukabumi,” terang Zul kepada Radar Sukabumi, belum lama ini.

Seperti halnya yang terjadi pada Rabu (7/8), area belakang sekolah SMA AL AZHAR 21 Kelurahan Subangjaya, Kecamatan Cikole terbakar. Baiknya, sebelum merembet ke bangunan petugas dengan sigap memadamkan api.

“Luas lahan kurang lebih 150 meter persegu, penyebab kebakaran kemungkinan puntung rokok yang membakar alang . Tidak korban jiwa, kami langsung menerjunkan petugas pemadam kebakaran beserta armada,” sebutnya.

BPBD menghimbau kepada warga agar tetap mewaspadai bahaya kebakaran dengan memastikan semua bahan yang mudah terbakar tetap harus terkendali dengan baik dan tidak lengah terhadap puntung rokok yg mudah menyulut api. “Bila ada peristiwa apapun, segera laporkan kepada petugas terdekat atau langsung ke BPBD Kota Sukabumi,” pungkasnya. (upi/d)

Tags

Tinggalkan Balasan