Kecamatan LembursituSUKABUMI

Kasdam Siliwangi: TMMD Adalah Bukti Kemanunggalan dengan Rakyat

Penutupan TMMD ke-105 Kota Sukabumi di Kampung Tegalpanjang Cikundul

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Usai sudah program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0607/Kota Sukabumi. Bertempat di lapangan Cikundul, Kecamatan Lembursitu, Kota Sukabumi digelar upcara penutupan TMMD yang mengangkat tema “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat” pada Kamis (8/8/2019).

Upacara penutupan TMMD ini ditutup langsung oleh Kepala Staf Kodam III/Siliwangi Brigjen TNI Dwi Djati Utomo yang juga bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam sambutannya, Dwi mengatakan bahwa kebersamaan antara TNI dengan masyarakat Kampung Tegalpanjang di Cikundul serta Kota Sukabumi pada umumnya agar dapat terus dibina dan ditingkatkan, walaupun TMMD telah berakhir.

“Sampai dengan pelaksanaan program TMMD ke-105 kali ini kami selalu mendapatkan antusias yang cukup baik dari warga masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa TMMD yang dilaksanakan secara lintas sektoral oleh TNI beserta dengan instansi terkait lainnya ini masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat sebagai bagian usaha mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia,” kata Dwi dalam sambutannya, Kamis (8/8/2019).

Dwi mengatakan lagi, TMMD adalah program yang tepat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kerjasama dan koordinasi yang baik antar instansi daerah serta partisipasi aktif masyarakat dapat mendorong tercapainya pembangunan.

Program TMMD di Kota Sukabumi, lanjut Dwi, menunjukkan hasil yang cukup signifikan bukan saja pembangunan fisik namun yang tidak kalah pentingnya adalah pembangunan non fisik. Yang dalam hal ini membangun jiwa dan raga masyarakat sehingga tumbuh kesadaran masyarakat terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita dapat menyaksikan semangat kebersamaan serta gotong-royong yang terpancar di setiap wajah sekaligus cucuran keringat masyarakat dan aparat yang bersama-sama bekerja di lapangan hal ini menjadi kekuatan yang sangat besar dari segenap komponen bangsa yang memiliki visi misi dan tujuan bersama guna mengatasi berbagai persoalan pembangunan serta problematika kesejahteraan masyarakat,” tutur Dwi.

“Semangat kebersamaan seperti inilah yang sebenarnya merupakan hakikat dari kemanunggalan TNI dengan rakyat yang merupakan roh perjuangan bangsa dan akan terus kita bangun serta pelihara kemanunggalan TNI dengan rakyat,” sambungnya.

Acara ini dihadiri oleh Danrem 061/SK Kolonel Inf Novi Helmy Prasetio, Ketua Baznas Provinsi Jawa Barat Arif Ramdani, Wali Kota Sukabumi Ahcmad Fahmi, Kapolres kota dan Kabupaten di Sukabumi, Dandim serta jajaran Korem 061/SK dan tamu undangan lainnya.

Usai penutupan, Kasdam III/Siliwangi beserta rombongan menuju lokasi TMMD dilanjutkan peresmian jalan dan jembatan ditandai dengan pemotongan pita oleh Kasdam.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan