Kecamatan WarudoyongKOTA SUKABUMI

Kebutuhan Hewan Kurban Naik Lima Persen

WARUDOYONG, RADARSUKABUMI.com– Kebutuhan hewan kurban di Kota Sukabumi pada tahun ini diperkirakan meningkat sebanyak lima persen. Pada tahun lalu, hewan kurban jenis sapi mendominasi dibandingkan dengan domba.

Data yang diperoleh dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi, jumlah pemotongan hewan kurban jenis sapi sebanyak 2.931, sedangkan domba 1.809 ekor.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Sukabumi, Kardina Karsoedi mengungkapkan, jika dilihat dari tahun-tahun sebelumnya, kenaika kebutuhan hewan kurban sebanyak lima persen. “Kenaikan kebutuhan hewan kurban biasanya tidak lebih dari lima persen, hewan kurban jenis sapi paling banyak digunakan masyarakat untuk berkurban di Kota Sukabumi,” sebutnya.
Adapun jumlah lapak penjualan hewan kurban di Kota Sukabumi, sebut Kardina, ada sekitar 74 lapak penjualan. Di tahun ini, diprediksi sedikit bertambah. Pihaknya pun bakal memantau semua lapak penjualan hewan kurban di Kota Sukabumi. “Kalau tahun lalu ada 74 lapak, tahun ini jika kita lihat cukup banyak yang berjualan lapak-lapak kecil, kemungkinan jumlahnya bertambah,” ujarnya.
DKP3 Kota Sukabumi juga meminta, agar lapak penjualan hewan kurban tidak menggangu pejalan kaki, lingkungan dan estetika. Selain itu, lapak penjualan harus dipastikan layak bagi kenyamanan dan kesehatan hewan kurban. “Kami minta agar tidak berjualan di pinggir jalan yang menggangu pejalan kaki, terus lokasinya pun harus baik. Artinya, baik bagi kesehatan hewan kurban dan pembelinya,” tandasnya.

(upi/t)

Tags

Tinggalkan Balasan