Politik Kabupaten Sukabumi

Baldatun Luncurkan Program Beasiswa Khusus

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Dalam rangka melanjutkan program memuliakan anak yatim piatu yang belum aqil baligh, Balad Ade Dasep Siap Turun (Baldatun) Center mempersiapkan program baru. Setelah sebelumnya program menyantuni anak yatim yang belum aqil baligh terlaksana dalam kurun waktu lima tahun kebelakang, kini Baldatun Center berencana melanjutkan programnya kembali.

“Selama lima tahun kebelakang, saya tuntaskan program menyantuni (anak yatim yang belum aqil baligh. red). Kini lima tahun kedepan, saya siapkan program yang tak kalah baiknya dari sebelumnya, “jelas Pendiri dan Penanggungjawab Baldatun Center Ade Dasep Zaenal Abidin kepada koran ini, kemarin (6/8)

Menurutnya, program tersebut berupa beasiswa pendidikan dan kesehatan bagi anak yatim binaan yang berada di Daerah Pemilihan (Dapil) III dengan total beasiswa Rp1.7 Juta per anak yatim yang belum aqil baligh. Menurutnya, program tersebut kemungkinan akan mulai dilaksanakan setelah Baldatun Center merayakan Ulang Tahun yang ke-IV pada Februari tahun depan.

“Rencanya program beasiswa ini akan mulai dilaksanakan setelah Baldatun merayakan ulang tahun, dan mudah-mudahan program ini didukung oleh pak Marwan sebagai bupati,” terangnya.

Selain itu, Baldatun juga akan terus menggaungkan semangat membaca, memahami dan mengamalkan Alquran agar kedepan Kabupaten Sukabumi bisa dibangun atas dasar Alquran. Bahkan untuk mendukung hal tersebut, Baldatun sudah membuat program terencana yang dikonsep sangat matang. Program tersebut adalah memberikan intensif bagi para ustad yang ada dimasjid-masjid.

“Jadi begini, disalah satu masjid misalkan ada ustad yang mau membaca Alquran dalam sehari minimal satu jam atau lebih. Nah nanti, Baldatun akan memberikan kadeudeuh kepada ustad tersebut,” ucapnya.

Pasalnya untuk di priode kedua dirinya menjadi anggota DPRD Kabupaten Sukabumi ini, adalah budaya faham dan amal. Setelah sebelumnya Baldatun Center sudah memberikan wakaf Alquran dengan total 2.161 buah, kini Baldatun juga berencana melakukan hal yang sama.

Bedanya, wakaf alqurannya dalam bentuk ada terjemahnya. Tujuannya agar yang membaca bisa langsung memahami dan kemundian syukur-syukur mengamalkannya.

“Ini rentetan kegiatan yang akan dilakukan. Ini adalah janji politik real saya lakukan kepada masyarakat khususnya di Dapil III yang meliputi beberapa kecamatan, diantaranya, Cicantanyan, Cibadak, Cikidang, Cikembar, Caringin dan Nagrak,” beber Ade Dasep.

Lebih lanjut dirinya mengatakan, untuk agenda dalam jangka pendek Baldatun berencana akan melakukan kurban khusus bagi anak yatim yang ada di dua kecamatan yakni Kecamatan Cicantanya dan Kecamatan Cibadak. Sedikitnya ada 600 Anak yatim yang akan diundang dalam kegiatan ini. Kegiatan Qurban ini direncakan Baldatun akan menyembelih dua sapi yang akan dibagikan.

“Saya ingin suasa Idul Adha tahun ini bersama anak yatim piatu yang belum aqil baligh agar Baldatun bisa dan benar memakmurkan anak yatim. Meski dari seluruh anak yatim binaan jumlahnya 1.700 yang ada di Dapil III, namun untuk tahun ini hanya 600 anak yatim saja yang berada di dua kecamatan, jelasnya.

Kedepan dirinya berjanji, untuk Idul Adha selanjutkan akan kembali melakukan hal yang sama. Namun, tentunya akan melibatkan anak yatim dari kecamatan yang belum. Semisal Cikidang, Nagrak, Caringin dan Cikembar.

“Intinya fokus Baldatun memakmurkan anak yatim yang belum aqil baligh dan menggaungkan budaya baca, faham dan Alquran,” tukasnya.

 

(hnd)

Tags

Tinggalkan Balasan