SUKABUMI

Sukabumi Mati Listrik, Pedagang Lilin, Air Galon dan Bensin Laris Manis

SUKABUMI, RADARSUKABUMI.com – Di balik derita pemadaman listrik selama 9 jam di Sukabumi ternyata terdapat cerita menarik membawa berkah. Sebelumnya diinformasikan lagi bahwa terjadi pemadaman listrik mulai pukul 11.47 WIB dan baru nyala pada pukul 08.50 WIB, Minggu (4/8/2019).

Cerita itu berasal dari para pemilik warung atau kios yang menjual lilin yang ketiban rezeki gara-gara mati listrik. Seperti Yusni, salah seorang pemilik kios di Cikundul yang menjual sembako mengaku banyak warga yang datang untuk membeli lilin.

“Iya banyak banget yang mau beli lilin. Yang kebagian cuma tetangga sekitar toko. Sisanya gak kebagian karena habis,” kata Yusni kepada Radarsukabumi.com, Minggu (4/8/2019).

Yusni pun merasa hal menarik dari kejadian ini adalah ketika lilin bukan dianggap sesuatu yang dibutuhkan, namun seketika diburu oleh orang. “Malah ada yang maksa saya untuk tetap jual. Padahal memang sudah habis. Ya saya juga kan harus nyetok untuk keperluan di rumah dan kios,” ujarnya.

Selain lilin, komoditi kedua yang paling diincar adalah air galon isi ulang. Hal ini dikarenakan sebagian besar rumah milik warga Sukabumi mengandalkan sumber air bor.

Andin (51), warga Jl Pelabuhan II mengungkapkan pasca mati listrik, ada banyak pembeli yang memborong air galon isi ulang yang dijualnya. Satu galon dia jual sebesar Rp 7.000 untuk paket diantar sampai ke rumah.

“Iya laris manis. Kalau gak salah ada yang beli sampai 10 galon. Bukan buat minum tapi buat jaga-jaga, takut mati listriknya lama jadi pakai air galon gitu untuk keperluan di airnya,” kata Andin.

Selain itu, dari penelusuran Radarsukabumi.com, BBM berupa premium atau pertalite adalah barang yang juga paling dibutuhkan saat mati listrik. Bensin tersebut untuk jadi sumber energi pada mesin genset.

Hal ini terpantau di SPBU Cipanengah dan SPBU Lembursitu. Tampak sejumlah kendaraan bermotor membawa jerigen untuk keperluan genset.

“Buat nyalain genset kang,” ujar Asep, salah seorang konsumen di SPBU Lembursitu.

(izo/rs)

Tags

Tinggalkan Balasan