Pasca Gempa, 132 Rumah di Sukabumi Rusak

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami saat melihat rumah yang rusak akibat gempa.

SUKABUMI – Jumlah kerusakan rumah di Kabupaten Sukabumi akibat gempa beberapa hari lalu terus bertambah. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi, jumlah kerusakan itu mencapai ratusan dan tersebar di-34 kecamatan.

“Data yang masuk hingga Minggu sore ini, 132 rumah yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa beberapa hari lalu,” jelas Koordinator Pusdalops BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna kepada Radar Sukabumi melalui telepon selularnya, Minggu (4/8).

Bacaan Lainnya

Dari ratusan rumah yang terdampak ini, sambung Daeng, 16 rumah kategori rusak berat, 40 rusak sedang dan 76 rusak ringan.

“Dari ratusan rumah yang terdampak ini, dihuni 135 KK dengan jumlah jiwa sebanyak 469 orang. Sementara untuk warga yang mengungsi baru 32 orang, sisanya masih bertahan di rumahnya masing-masing,” imbuhnya.

Selain rumah, kerusakan juga terjadi pada fasilitas umum (fasum) dan fasilitas pendidikan. Diantaranya masjid, majelis taklim, madrasah dan SDN. “Untuk fasilitas pendidikan dan fasum, hanya berjumlah delapan unit. Tiga diantaranya rusak sedang dan lima rusak ringan,” bebernya.

Disinggung mengenai jumlah kerugian, Daeng belum bisa memberikan keterangan. Pasalnya, saat ini BPBD masih fokus melakukan penanganan. Seperti membersihkan puing-puing bangunan yang roboh.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *